Diposting : 28 January 2020 01:22
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ KUMPULKAN - Bupati Suwirta panggil dan kumpulkan jajarannya antisifasi Virus Corona.
balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengumpulkan jajarannya terkait merebaknya wabah virus Corona, Senin (27/1), di ruang kerjanya, mengorek informasi terkait perkembangan penyebaran wabah yang berasal dari negara China ini. Menurutnya, Klungkung utamanya kepulauan Nusa Penida wajib meningkatkan kewaspadaan terkait wabah ini, mengingat Kepulauan Nusa penida saat ini menjadi destinasi favorit wisatawan dari baik lokal maupun mancanegara terutama dari negara China. 
 
Bupati Suwirta memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan dr. Adi Swapatni untuk waspada serta mengantisipasi dengan mempersiapkan peralatan dan SDM. Di masing masing pulau di Kecamatan Nusa Penida supaya disiapkan ruang isolasi bagi pasien terduga/suspect virus corona. Serta membuat imbauan kepada pelaku pariwisata supaya mengetahui langkah langkah antisipasi jika seumpama ditemukan suspect. 
 
Kepada Dinas Pariwisata, Bupati Suwirta perintahkan untuk membuat imbauan kepada pelaku pariwisata terkait penanganan virus corona serta himbauan penggunaan masker pelindung baik itu para guide maupun wisatawan. Dirinya juga perintahkan meningkatkan promosi pariwisata untuk mengantisipasi penurunan kunjungan. 
 
Kepala Dinas Kesehatan dr. Adi Swapatni melaporkan, sampai hari di Bali sudah ada yang dicurigai sebagai suspect penderita virus ini. Dinas kesehatan Provinsi bali sudah memerintahkan seluruh Kabupaten untuk melakukan langkah langkah antisipasi. Sejatinya pihaknya juga sudah melakukan sosialissasi terkait virus corona pada tanggal 22 Januari 2020 keseluruh wilayah dan sudah pula informasikan kepada pelaku akomodasi pariwisata terutama di Nusa Penida. Sehingga jika seandainya ditemukan, maka sudah diketahui apa yang harus dilakukan dan kemana harus dirujuk.
 
Pihaknya mengaku akan secepatnya akan menyiapkan ruang isolasi serta peralatan pendukung di masing masing kepulauan Nusa Penida sesuai perintah Bapak Bupati.  Di pulau Nusa Penida akan menggunakan salah satu ruangan di RS Pratama sedangkan di pulau Lembogan dan Ceningan akan disiapkan di Puskesmas Nusa Penida II. Ruang isolasi nantinya digunakan jika ada yang yang dicurigai memiliki tanda tanda Pnemoni seperti batuk, demam dan sesak nafas serta punya riwayat pernah mengunjungi Negara positif virus Corona utamanya negara China.
 
Kepala Bidang Industri Pariwisata Ni Luh Made Aryati mengatakan kunjungan wisatawan ke Klungkung Khususnya Nusa Penida beberapa hari belakangan ini belum mengalami penurunan signifikan alias masih stabil meski adanya travel warning yang dikeluarkan Pemerintah China. Pihaknya mengaku akan segera melaksanakan perintah Bupati Suwirta untuk mengantisipasi wabah virus corona ini.