Diposting : 21 January 2020 00:55
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ BERSAMA - Sang Nyoman Sedana Arta (kanan) dan I Komang Carles (kiri).
balitribune.co.id | Bangli - Konstelasi perpolitikan di Bangli menjelang perhelatan Pilkada berjalan dinamis. Sebelumnya Partai Demokrat mewacanakan bakal membanguan koalisi besar  bersama sejulah partai politik (Nasdem, Golkar, Hanura) untuk menghadang laju PDIP. Namun seiring berjalanya waktu  wacana membangun koalisi besar belum ada titik temunya. Bahkan belakang ini partai besutan Susilo Bangabng Yudoyono ini semakin mesra menjalin komunikasi dengan PDIP.
 
Dari informasi yang berhasil dihimpun, dengan mengambil tempat di rumah jabatan Ketua DPRD Bangli berlangsung pertemuan antara Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang juga kandidat calon bupati Bangli dengan Ketua DPC Partai Demokrat Bangli, Komang Carles, Senin (21/1) .
 
Dalam pertemuan yang juga dihadiri beberapa anggota Fraksi PDIP tersebut membicarakan masalah Pilkada Bangli termasuk  arah dukungan partai Demokrat.
 
Terpisah Ketua DPC Partai Demokrat Bangli, Komang Carles saat dikonfimasi terakit arah dukungan partai Demokrat ke PDIP dalam Pilkada nanti, tidak banyak berkomentar. Politisi asal Desa Batur , Kecamatan Kintamani ini hanya mengatakan semuan masih dalam proses. “Sabar, sabar,” ujarnya sembari mengatakan politik itu berjalan dinamis.
 
Sekretaris DPC Demokrat Bangli I Made Sudiasa mengatakan hal senada, yang mana saat ini partai Demokrat masih sedang menjalin komunikasi dengan partai politik lainya. Termasuk pertemuan dengan Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. “Hari ini komunikasi dengan Ketua DPC PDIP, besok bisa dengan ketua partai lainya,” sebutnya.
 
Diakui hingga kini belum ada keputusan kemana arah Partai Demokrat, pasalnya saat ini masih dilakukan komunikasi dengan partai politik lainya. “Dengan raihan 3 kursi di DPRD Bangli, kami belum bisa mengusul calon secara mandiri di Pilkada ini. Namun demikian untuk arah koalisi harus benar-benar dikomunikasikan. Memang kami sudah ada julkak juknis penjaringan calon maupun koaliasi yang tentunya ini menjadi acuan untuk kami,” ujarnya.
 
Polisiti asal Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli, ini menambahkan untuk arah koalisi/dukungan tentunya melihat calon yang akan diusung. Yang mana memiliki kapabilitas dan elektabilitas.
 
Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengakui sempat bertemu dengan Komang Carles di rumah jabatan Ketua DPRD Bangli. Pertemuan tersebut, kata Sedana Arta tidak kesengajaan. “Kebetulan bertemu disana, ngobrol-ngobrol sedikit,” ujarnya singkat.