Diposting : 15 November 2019 12:54
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ Ira Puspadewi
balitribune.co.id | Karangasem - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada tahun 2020 akan melakukan perbaikan infrastruktur di Pelabuhan Padangbai. Pelabuhan yang berada di Kabupaten Karangasem ini menjadi penghubung strategis antara Bali dan Nusa Tenggara Barat. 
 
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi beberapa waktu lalu menyampaikan, tahun depan akan membuat Padangbai ini menjadi pelabuhan yang lebih ramah terhadap pariwisata. "Kami berencana membuat Padangbai menjadi gerbang secara infrastruktur lebih baik lagi," ucapnya. 
 
Hal ini diharapkan dapat mendukung program-peogram pemerintah dan masyarakat di Karangasem, sehingga pariwisata di bumi Bali Timur ini lebih baik lagi. "Kita tahu salah satunya Pura Besakih yang sangat legendaris, besar dan sangat berarti bagi masyarakat Bali ini ada di Karangasem. Kita ingin gerbang keluar/masuk Karangasem melalui kami akan mempunyai nuansa Bali yang lebih representatif lagi," kata Ira. 
 
Dia memaparkan, saat ini tampilan pintu masuk Pelabuhan Padangbai memang sudah menunjukkan nuansa Bali, meski demikian pihaknya akan menambah kekentalan aura Bali di pelabuhan yang menghubungkan antar provinsi tersebut. 
 
"Kita akan membangun secara infrastruktur fisiknya akan lebih baik lagi, tertata lebih berwajah Bali meskipun sudah ada wajah Bali tapi belum bagus betul. Kita akan rencanakan itu menjadi sesuatu yang cocok lagi dengan pariwisata," terangnya. 
 
Dikatakan Ira, rencana pembangunan infrastruktur untuk mempercantik penampilan Pelabuhan Padangbai agar mampu menarik wisatawan ini semuanya secara total sedang direncanakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). "Tapi untuk saat ini belum ada rencana penambahan dermaga. Tapi kita bertahap mulai dari gerbangnya, pelayanan terhadap masyarakat atau penumpang sehingga ruang tunggunya akan lebih baik," imbuhnya. 
 
Pihaknya ingin memastikan kondisi pelabuhan di Karangasem semakin baik untuk pariwisata. Dalam hal ini Ia mengaku sudah intensif melakukan komunikasi dengan Bupati Karangasem untuk mendapat arahan pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Padangbai. Begitupun sudah melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Bali terkait rencana pembangunan fisik ini. 
 
"Sebelumnya beberapa pelabuhan telah dilakukan perbaikan infrastruktur untuk kenyamanan penumpang/masyarakat seperti Pelabuhan Gilimanuk dan lainnya," tutupnya.