Diposting : 19 December 2019 16:48
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/Kolaborasi Drama Tari Hanuman Duta

balitribune.co.id | India - Menutup tahun 2019 Ashram Gandhi Puri melalui Program INDONESIA INDIA SANGGAM menampilkan Kolaborasi Drama Tari dengan tema Hanuman Duta. Kolaborasi tarian Bali yang lincah dan energik oleh Dharma Duta Shantisena Ashram Gandhi Puri dan tarian India Bharatnatyam dari Shailadesh Institute Mumbay India.

Kolaborasi yang mengambil penampilan fokus pada Aranya Kanda dari Ramayana Tulsidas ini membuat karakter peran Yang dimainkan oleh Ni Nyoman Arfani sebagai Kijang emas, Gede Hadi Swardana sebagai Garuda dan Ketut Agus Adi Saputra menarik perhatian penonton. Selama hampir seminggu kami latihan pagi sore bersama memadukan musik Shantisena dan Bharatnatyam, menggabungkan tari menjadi kesatuan utuh Yang indah, sehingga mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton yang memenuhi auditorium megah berkapasitas 750 orang ditengah kota film Bollywood ini.

Ida Rshi Putra Manuaba sebagai pendiri Ashram Gandhi Puri mengatakan lewat Yoga dan seni kami berdialog dengan hati Nurani. Ramayana adalah inspirasi indah kehidupan Yang memberikan Narasi kuat bagaimana kita tunduk pada hati yang melayani dan penuh cinta kasih terhadap sesama. Pada kesempatan ini Shantisena AGP berinteraksi dengan Membangun Jembatan Budaya serta mereka banyak belajar dari konsep Melali, Metimpal, Melajah dan Meyadnya sehingga kami bisa menjadikan pertukaran Program ini berkelanjutan dimasa depan sekaligus mengembangkan kemampuan SDM Warga Ashram Gandhi Puri lebih luas. Kami juga jadikan sebagai Promosi Budaya dimana setiap Shantisena banyak belajar dan net working nya terutama karena itu kekuatan anak Milenial.

AGP juga tampil di Chennai India Selatan 22 Desember yang akan datang. Bertepatan dengan Hari Ibu sekaligus mengenang jasa Anak Agung Ayu Aryani Oka Yang sejak awal mempersembahkan Rumah beliau sebagai tempat Laboratorium kehidupan dan Laboratorium Sosial Ashram Gandhi Puri. Harijan Sevak Sangh Tamil Nadu pimpinan MaruthiJi menanda tangani kerjasama Youth Exchange and Empowerment Program dimana setiap tahun AGP bertukar 6-9 orang anak muda ke Bali. Mereka tinggal di Ashram Gandhi Puri dan di Chennai mereka tinggal di Thakar Bapa Vidyalaya Harijan Sevak Sangh Tamil Nadu,sehingga mereka menjadi saling mengisi dan berbagi inspirasi.