Diposting : 14 May 2019 13:31
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/ WARUNG MAKAN - Menu ayam betutu yang disajikan salah satu warung makan di Denpasar
balitribune.co.id | Denpasar - Ayam betutu saat ini sudah menjadi salah satu ikon masakan Bali yang wajib dicicipi oleh wisatawan yang datang ke pulau ini. Untuk menikmati menu olahan ayam tersebut, wisatawan maupun masyarakat Bali tidak perlu repot-repot mencari restoran yang khusus menyajikan ayam  betutu. Hampir di setiap sudut kota di Bali bisa ditemukan restoran yang menyediakan menu tersebut.
 
Salah seorang pemilik warung makan ayam betutu, Asti Sudarsana di Denpasar beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa tempat makan miliknya menjadi salah satu destinasi kuliner tradisional yang cukup dikenal oleh wisatawan domestik yang berlibur di Bali.
 
Kata dia masyarakat lokal biasanya memilih ayam betutu untuk menu makan siang. Sehingga tidak jarang para pekerja di seputaran Renon, Denpasar datang ke warungnya saat siang hari. Menu ayam betutu ada yang dimasak dengan cara digoreng dan berkuah dengan citarasa pedas menggunakan bumbu Bali. 
 
"Menu ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai rasa pedas, betutu ini disajikan lengkap dengan kuah dan plecing kangkung," kata Asti.
 
Sedangkan untuk betutu goreng rasa pedasnya tidak begitu menonjol karena sebelum disajikan ayam betutu yang sudah matang digoreng terlebih dahulu. Proses ini yang menyebabkan rasa pedas dari ayam betutu ini tidak terlalu menyengat. "Sehingga sangat cocok untuk pelanggan yang tidak menyukai rasa pedas," ucapnya. 
 
Lebih lanjut dia mengatakan, ayam betutu yang ditujukan untuk wisatawan asing dibuat tidak terlalu pedas. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan mancanegara yang tidak berani makan makanan pedas agar bisa menikmati kuliner Bali yang cukup populer tersebut.
 
Salah seorang wisatawan asal Jakarta yang juga karyawan perusahaan swasta, Ira mengakui jika ayam betutu adalah menu kesukaannya saat liburan di Bali. Menurutnya, ayam betutu tidak bertentangan dengan seleranya. "Saya suka makanan Bali seperti ayam betutu. Rasanya yang pedas dan gurih membuat cocok di lidah," katanya.