Diposting : 21 June 2016 13:34
I Made Darna - Bali Tribune
dirga
Keterangan Gambar: 
IB Oka Dirga

Mangupura, Bali Tribune

Pemkab Badung menyiapkan 4.477 lowongan kerja (loker) bagi masyarakat Badung. Bursa lowongan kerja (job fair) Tahun 2016 ini akan dibuka dari tanggal 22-24 Juni di GOR Purna Krida Kerobokan, Kuta Utara.

Ketua Panitia Job Fair yang juga Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Badung, IB Oka Dirga mengatakan, lowongan kerja yang tersedia ini berasal dari 60 perusahaan yang ada di Kabupaten Badung. “Dalam job fair kali ini kita siapkan 4.477 lowongan kerja (loker) dari 60 perusahaan,” ujarnya, Senin (20/6). Adapun perusahaan yang paling banyak mencari tenaga kerja berasal dari kalangan perhotelan, perbankan, perdagangan dan jasa.

Dengan job fair ini pihaknya berharap dapat mempertemukan antara pencari kerja (job seekers) dengan pihak pengguna tenaga kerja/ perusahaan melalui sistem antarkerja secara langsung untuk mempermudah proses penempatan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. “Bagi warga Badung yang mencari kerja kami persilahkan datang ke job fair,” kata Oka Dirga.

Selain memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pengguna tenaga kerja/perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tujuan lainnya, katanya, untuk mengetahui kecenderungan kualitas pencari kerja dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia dan mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

Terkait metode kegiatan, Oka Dirga menyatakan, melalui pencarian data lowongan ke perusahaan-perusahaan (job canvassing) dan pelaksanaan bursa kerja online (BKOL). Melalui dua metode ini, Oka Dirga berharap, akan makin banyak perusahaan maupun pencari kerja dapat memanfaatkan produk inovasi pelayanan publik di bidang ketenagakerjaan dengan mengakses melalui www.infokerja.naker.go.id.

Stan pelayanan publik, katanya, secara terus menerus selama 3 hari mulai 22-24 Juni akan memberikan pelayanan baik pendaftaran kartu pencari kerja Ak/1 bagi pencari kerja maupun pelayanan penyebarluasan informasi lowongan pekerjaan (loker) bagi pengguna tenaga kerja. “Intinya kami siap mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” tegasnya.

Berdasarkan data di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Badung, jumlah pencari kerja di Kabupaten Badung hingga akhir Mei 2016 tercatat 1.210 orang. Rinciannya, di Kecamatan Abiansemal 272 orang, Kuta Utara 182 orang, Kuta 73 orang, Mengwi 268 orang, Kuta Selatan 318 orang, dan Petang 97 orang. Pendidikan terbanyak berasal dari SMA, diploma, dan perguruan tinggi.