Diposting : 7 June 2019 13:48
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ I Gde Mahatma Dharma
balitribune.co.id | Denpasar - Sosok I Gde Mahatma Dharma, atau lebih akrab disapa Dede bisa dibilang sebagai sosok pelatih yang namanya melambung di tahun 2018 lalu. Ditunjuk sebagai pelatih kepala tim Bali United U-16, Coach Dede sukses membawa tim Serdadu Tridatu Muda menjadi finalis di ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-16 tahun lalu.
 
 Pencapaian tersebut membuat Coach Dede bersama tim Garuda Select mendapat kesempatan untuk menjalani program di Inggris sejak bulan Januari 2018 lalu. Selama beberapa bulan berada di Inggris, Coach Dede pun kembali ke Bali dengan berbagai ilmu yang ia dapatkan.
 
 Ditemui usai memimpin sesi latihan tim Bali United U-18 beberapa waktu lalu, Coach Dede mengucapkan syukur atas pengalaman berharga yang ia peroleh. Ia pun membagikan kisah perjalanannya bersama tim Garuda Select tersebut.
 
"Ya, saya banyak belajar di sana (Inggris) mengenai sepakbola. Mata saya lebih terbuka mengenai hal yang berkaitan dengan sepakbola. Saya terpesona juga dengan segala bentuk fasilitas pendukung, dan juga sumber daya manusia mereka di sana," ujar Coach Dede seperti disadur dari laman resmi Bali United, Kamis (6/6).
 
 Menurut dia, disana (Inggris) juga sangat fokus menyiapkan pelatih yang berkualitas untuk memimpin suatu tim. Mengenai talenta usia muda, lanjut Coach Dede, hampir sama dengan yang ada di Indonesia. “Mereka sudah menyiapkan pemain-pemain muda dari usia sembilan tahun," tambahnya.
 
Untuk tahun ini, pelatih yang sukses menyabet gelar pelatih terbaik di ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018 tersebut mendapat tugas baru. Ya, Coach Dede ditugaskan untuk mendampingi Coach Made Pasek Wijaya di tim Bali United U-18.
 
Mengenai hal tersebut, Coach Dede pun menyampaikan harapannya. "Harapan saya bersama tim yang baru tentu ingin lebih baik dari sebelumnya. Rencana awal saya tentu ingin menerapkan ilmu yang saya dapat di Inggris untuk dibagikan kepada anak-anak,” lanjutnya.
 
Dari manajemen sendiri, kata dia, juga menargetkan kalau dirinya harus lebih baik dari tahun lalu yang hanya sebagai runner-up.
 
Kemampuan Coach Dede sebagai pelatih muda yang baru kembali dari Inggris akan dipadukan dengan pengalaman segudang dari Coach Made Pasek Wijaya tentunya diharapkan mampu memberikan warna baru dari skuat tim Bali United U-18 tahun ini.uni