Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 21 June 2016 13:24
I Made Darna - Bali Tribune
trotoar
Keterangan Gambar: 
Trotoar di depan SDN 5 Dalung, jebol.

Mangupura, Bali Tribune

Kualitas proyek trotoar di Kabupaten Badung patut dipertanyakan. Sejumlah trotoar di ‘gumi keris’ ini baru seumur setahun dibangun tapi sudah ambrol. Salah satunya trotoar jebol terjadi di Jalan Raya Dalung, tepatnya di depan SDN 5 Dalung, Senin (20/6). Trotoar yang jebol ini dibangun Dinas Bina Marga dan Pengairan Badung sekitar satu tahun lalu. Trotoar yang jebol sepajang empat meter itu sontak saja menyulitkan pejalan kaki untuk melintas.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Pengairan Badung, Sang Nyoman Oka Permana yang dikonfirmasi masalah ini, kemarin, tak menampik ada trotoar jebol di Jalan Raya Dalung. Menurutnya jebolnya trotoar sepanjang empat meter itu disebabkan oleh gerusan air sungai yang naik karena hujan. “Ya, ada sedikit jebol. Mungkin karena tergerus air sungai,” akunya.

Itu kan trotoar baru? Oka Permana membenarkan bahwa trotoar itu baru dibangun sekitar setahun lalu. Akan tetapi, kata dia, perbaikan kala itu hanya bagian atas. Sementara yang tergerus air saat ini adalah pondasi.

“Dulu proyek trotoar jalan raya Dalung itu hanya perbaikan di bagian atas saja dan kontruksi bawahnya masih warisan bangunan  yang dulu. Karena  memang belum diperbaiki. Nah, karena belakangan ini kerap hujan, airnya mengenai pondasi,  makanya yang di bawah tergerus dan jebol,” bebernya.

Yang pasti lanjut dia, proyek itu masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga, pihak Bina Marga Badung akan segera memperbaiki trotoar tersebut  sekaligus memperbaiki fondasi yang di bagian bawahnya. “Kami akan perbaiki dari bawah. Mulai dari fondasi dan trotoarnya,” tandasnya.