Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 27 October 2017 20:58
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Perhubungan
Keterangan Gambar: 
RAPAT - Dinas Perhubungan Kota Denpasar menggelar rapat kesiapan layanan bus sekolah, Kamis (26/10) di Kantor Dinas Perhubungan Denpasar.

BALI TRIBUNE - Program bus sekolah yang digagas Pemerintah Kota Denpasar akhirnya mendapatkan kepastian. Bus sekolah yang direncanakan akan mengangkut siswa secara gratis ini, akhirnya sudah dipastikan akan segera beroperasi. Pemkot bahkan dalam waktu dekat  segera menguji coba bus sekolah tersebut.

"Dinas Perhubungan Kota Denpasar telah menyediakan 6 bus sekolah gratis di Kecamatan Denpasar Timur dan Kecamatan Denpasar Utara. Sebelum dilaunching,  akan dilakukan uji kendaraan pada tanggal 6 dan 7 November mendatang. Sementara uji coba mengantar anak-anak ke sekolah akan dimulai tanggal 13 November mendatang," ujar Kepala Bidang Dalops Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan dalam rapat kesiapan layanan bus sekolah, Kamis (26/10) di kantor Dinas Perhubungan Denpasar.


Sriawan mengungkapkan, kelancaran bus sekolah ini harus didukung seluruh komponen.  Untuk kelancaran ia berharap agar perbekel dan kelurahan di Kecamatan Denpasar Timur dan Utara untuk mensosialisasikan bus sekolah.


Perbekel dan kelurahan juga bertugas memberitahu kepada masyarakat agar tidak memarkir kendaraan di pinggir jalan yang dilalui bus sekolah. ‘’Jika ada mobil parkir di pinggir jalan yang dilalui bus sekolah anggota Dinas Perhubungan tidak segan-segan mengempeskan ban kendaraan tersebut bahkan akan mendereknya,’’ ujar Sriawan.
Sementara Kepala UPT Pelayanan Transportasi Darat Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Dewa Ketut Adi Pradnyana mengatakan bus sekolah yang diterapkan Pemkot Denpasar difasilitasi dengan aplikasi  mobile phone “Si_Bused” (sistem informasi Bus Sekolah).


Aplikasi Si_Bused ini untuk memberikan notifikasi, menampilkan live cctv di dalam kendaraan, mengkomunikasikan perubahan jadwal sekolah secara realtime, merekam data identitas penumpang secara akurat, memberikan data petugas yang bertugas data itu dan memberikan informasi penting lainnya. Selain itu Bus Sekolah ini dilengkapi wifi gratis, CCTV, full AC, multimedia, smart card, slot charger serta asuransi penumpang.


Dewa Adi menerangkan, Bus Sekolah ini beroperasi dibagi dua shift  mulai pukul 05.30 hingga pukul 19.30 wita. Rute keberangkatan dan titik kumpul terdapat 6 rute di pagi hari dan 7 rute di siang hari. Rute khusus di Kecamatan Denpasar Utara untuk Pagi bus 1 mulai dari Jalan Suadipa menuju Jalan Antarasura-Jalan Nangka Utara-Jalan Nangka Selatan-Jalan Patimura-Jalan Kamboja-Jalan Gadung-Jalan Jepun-Jalan Angsoka-Jalan Melati-Jalan Patimura-Jalan Supratman-Jalan Meduri kembali ke Jalan Kenyeri. "Tempat siswa naik dan turun (drop zone)  bus sekolah ini di Batu Mekaem, Puri Peguyangan, Indomaret Antasura, Hotel Nuansa Indah dan Ex BI," ujarnya.


Sementara Rute Denpasar Timur Pagi bus 1 mulai di Cekomaria menuju Jalan Padma Seroja- Jalan Gatot Subroto Tengah-Jalan Ratna (SD Saraswati 6)-Jalan Kenyeri-Jalan Turi (SMPN 8)-Jalan Subita-Jalan Wr Supratman-Jalan Plawa (SMPN 3)-Jalan Kamboja (SMP Saraswati). Dengan drop zone di Toko 3 Pilar Mas dan Tri Nadhi Alat Tulis.
Denpasar Timur Pagi bus 2 melalui rute Jalan Trenggana- Jalan Siulan-Jalan Wr Supratman-Jalan Meduri (SMPN 8)-Jalan Subita-Jalan Wr Supratman-Plawa (SMPN3)-Jalan Jepun-Kamboja (SMP Saraswati)-Surapati (SMPN 1).