Diposting : 18 November 2019 12:51
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERANGI SAMPAH - Danlanal Denpasar Kolonel Laut Henricus Prihantoko menyatakan perang terhadap sampah plastik dengan melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Serangan.
balitribune.co.id | Denpasar - Menyikapi persoalan sampah yang kian menjadi perhatian serius semua pihak, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, menginisiasi sekaligus memimpin serbuan maritim berupa pelaksanaan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan seluruh jenis sampah, khususnya sampah plastik yang bertebaran dan mengotori Pantai Serangan, Denpasaŕ, akhir pekan lalu.
 
"Kegiatan aksi bersih-bersih pantai ini diprakarsai oleh Posal Serangan bersama unsur terkait di wilayah Pulau Serangan. Hal ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI AL terhadap masalah yang timbul, seperti sampah terutama sampah plastik, serta bagian dari pembinaan potensi maritim yang diselenggarakan di kawasan Pantai Serangan Kota Denpasar," ujar Kolonel Henricus Prihantoko di sela kegiatan tersebut.
 
Belakangan ini katanya, persoalan sampah menjadi perhatian serius semua pihak, terlebih ancaman sampah plastik yang berdampak buruk terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan. Karena itu, kini sejumlah pihak mulai menggalakkan aksi kebersihan dan mengurangi sampah plastik untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan sehat.
 
Terkait dengan "International Coastal Cleanup", Keluarga Besar Lanal Denpasar, Lantamal V bersama unsur maritim dan pelaku usaha wisata air serta warga masyarakat Pulau Serangan melakukan aksi bersih-bersih pantai secara gotong royong dan penuh semangat.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Letkol Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad, Pasprogar Mayor Marinir I Nyoman Suarmika, Paspotmar Mayor Laut (KH) Dewa Ketut Dana S, Kasatfaslan Mayor Laut (S) Komang Sariani, serta sejumlah Perwira Staf Lanal Denpasar, Lurah dan Bendesa Adat Serangan, Kepala Unit KSOP Serangan, Danposal, Kapospolair, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Lingkungan Serangan, Kepala Lingkungan Kampung Bugis, Bumda Serangan, Komunitas Turtle Serangan, serta beberapa tokoh adat masyarakat Desa Serangan.
 
Kegiatan yang dihadiri sekitari 200 personel gabungan dari Lanal Denpasar dan unsur TNI/Polri serta masyarakat setempat ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah (pemda) serta masyarakat setempat. Khususnya untuk menjaga dan menciptakan kebersihan lingkungan, sekaligus meningkatkan interaksi kepedulian semua pihak yang terkait terhadap kebersihan di wilayah Pulau Serangan.
 
Hal ini juga diyakini akan meningkatkan kontribusi serta kebersamaan antara masyarakat, instansi pemerintah dan TNI-Polri dalam rangka Kemanunggalan TNI-Polri, Pemda, dan rakyat, khususnya jajaran TNI AL dalam rangka pembinaan masyarakat pesisir (bindesir).
 
Danlanal berharap melalui kegiatan ini dapat meringankan beban Pemkot Denpasar dalam menangani masalah sampah, sekaligus mendukung program Pemprov Bali untuk mewujudkan cita-cita dalam menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali juga kehidupan krama yang sejahtera dan bahagia, yang terkonsep dalam visi Gubernur Bali Wayan Koster, yakni “Nangun Sat Kerthi Loka Bali".