Diposting : 24 August 2019 15:53
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ KERJASAMA - Pembahasan kerjasama Sister City Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay di Ruang Pertemuan Praja Madya kantor Walikota Denpasar Kamis (22/8).
balitribune.co.id | Denpasar - Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Kota Mossel Bay Afrika Selatan mengenai pembentukan kerjasama Sister City kembali di pertegas, Kamis (22/8). Kerjasama kedua kota ini dijajaki Konjen RI Cape Town Afrika Selatan, Krishna Adi Poetranto saat berkunjung ke Pemkot Denpasar yang diterima Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya di Ruang Pertemuan Praja Madya Kantor Walikota Denpasar.
 
Dalam pertemuan tersebut membahas secara teknis pelaksanaan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kedua Kota yang meliputi budaya dan promosi pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar,  Laxmy Saraswati,   Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ida Bagus Benny Pidada Rurus dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ni Nyoman Sri Utari, serta OPD terkait.
 
Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya mengatakan bahwa komitmen kerjasama kedua kota ini telah dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kerjasama dan kemitraan yang telah dilakukan kunjungan balasan. 
 
Nota kesepahaman kedua kota ini mengakui adanya hubungan persahabatan dan kerjasama yang erat antara Republik Indonesia dan Republik Afrika Selatan. Mencatat pada pernyataan kehendak antara Pemkot Denpasar dan Pemkot Mossel Bay Provinsi Western Cape Republik Afrika Selatan mengenai pembentukan kerjasama kota bersaudara yang ditandatangani 15 Oktober 2018 lalu. Langkah kerjasama ini berkeinginan untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama diantara para pihak melalui pembentukan hubungan antarpemerintah dan antarmasyarakat.
 
Hal ini juga mempertimbangkan pentingnya prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan serta sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dimasing-masing negara dan telah menyetujui beberapa hal. Meliputi kesepakatan ruang lingkup budaya dan promosi pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “Perjalanan rencana MoU Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay lewat kunjungan delegasi Mossel Bay di Graha Sewaka Dharma Lumintang tahun lalu di Sewaka Dharma diterima Walikota Denpasar, I.B rai Dharmwijaya Mantra yang difasilitasi Konsulat Jenderal RI di Cape Town,” ujarnya.
 
Sementara  Konjen RI Cape Town Afrika Selatan, Krishna Adi Poetranto mengatakan telah melakukan pertemuan 15 Agustus lalu dengan Walikota Mossel Bay. Dalam pertemuan tersebut Pemkot Mossel Bay telah menyepakati teknis-teknis kerjasama. “Mereka berkeinginan utk segera MoU ditanda tangani, karena Mossel Bay belum pernah melakukan kerjasama luar negeri. Kalau ini terjadi bagi Mossel Bay momentum tampil sebagai kota yang inovatif,” ujarnya. (u)