Diposting : 9 October 2017 19:20
I Made Darna - Bali Tribune
Beringkit
Keterangan Gambar: 
Bupati Giri Prasta saat menyerahkan langsung segempok uang untuk desa Mengwitani dan Beringkit

BALI TRIBUNE - Rp.5,90 miliar diserahkan tunai langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk Desa Adat Mengwitani dan Desa Adat Beringkit. Dana hibah tersebut diberikan saat dirinya menghadiri upacara penganyaran, karya ngenteg linggih di Pura Merajapati Dukuh Gong, Desa Adat Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Jumat (6/10) lalu.

Uang setumpuk itu diberikannya mengingat krama Adat Mengwitani yang telah melaksanakan pembangunan pura merajepati termasuk wantilan sekaligus melaksanakan karya. Menurut Bupati, krama Desa Adat Mengwitani dan Desa Adat Beringkit telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Badung.


Kata Bupati simpul pembangunan di Badung adalah mulai dari masyarakat banjar. Untuk itu dirinya siap mendukung dan bertanggung jawab atas pembangunan di banjar maupun di Desa Mengwitani dan Beringkit, sehingga kedepan desa-desa di Badung menjadi desa berdikari dan mandiri yaitu desa yang mampu berdiri diatas kaki sendiri. "Kami komit melaksanakan percepatan pembangunan di desa, karena simpul pembangunan ada di desa," tegasnya saat itu.


Bendesa Adat Mengwitani Putu Wendra mengatakan, pengempon Pura Merajapati Mengwitani terdiri dari 8 (delapan) banjar adat dengan jumlah 630 KK. Pihaknya telah melaksanakan pembangunan pura dari Januari 2016- Juli 2017, dengan menghabiskan dana fisik Rp. 1,150 miliar dan dana upacara Rp. 800 juta. "Kami telah melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Mepedudusan Alit, Caru Balik Sumpah yang puncaknya pada purnama kapat, Kamis (5/10) lalu, " terangnya.


Atas nama krama desa adat, Putu Wendra juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan DPRD Badung karena telah membantu lewat dana hibah sebesar Rp 5,90 miliar. Uang sebanyak itu, dipastikannya akan terkelola dengan baik untuk pembangunan di Desa Adat Mengwitani dan Beringkit.

Dijabarkannya, uang sebanyak itu digunakan Rp 2 miliar untuk pembangunan Pura Penataran Mengwitani Rp. 1,810 miliar, untuk pembangunan Banjar Menak Beringkit Rp1,60 miliar untuk pembangunan Banjar Pengadangan Beringkit Rp. 400 juta untuk upacara Karya Ngenteg Linggih Mepedudusan Alit Caru Balik Sumpah dan Rp 30 juta untuk pesantian Desa Adat Mengwitani.

"Semenjak Bapak Nyoman Giri Prasta menjadi Bupati, kami di Desa Mengwitani sudah banyak dibantu yang jumlahnya telah mencapai Rp.10 miliar. Tentunya kami harapkan Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di Desa Mengwitani. Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program Bupati dan Pemkab. Badung," pungkasnya.