Diposting : 4 October 2018 23:02
Ketut Sugiana - Bali Tribune
DEKLARASI - Acara Deklarasi KBN Desa Besan,Dawan, yang selengarakan oleh Satuan Narkoba dan Satuan Bimas Polres Klungkung.
BALI TRIBUNE - Dalam rangka pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, telah berlangsung Deklarasi Kawasan Bersih Narkoba (KBN) yang selenggarakan oleh Satuan Narkoba Polres Klungkung dan Satuan Bimas Polres Klungkung, di Balai Banjar Banjar Kawan Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (2/10) malam.
 
Acara ini dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto, Camat Dawan AA Gede Putra Wedana, Kepala Badan Kesatuan bangsa, politik, dan perlindungan masyarakat Kabupaten Klungkung I Wayan Made Sujana, Kepala BNNK Klungkung AKBP Dewa Made Alit Artha dan undangan lainnya.
 
Bupati Suwirta dalam sambutanya, deklarasi kawasan bersih Narkoba merupakan deklarasi pertama kali di Kabupaten Klungkung. Dengan adanya deklarasi kawasan Narkoba merupakan beban berat apabila partisipasi masyarakat tidak mendukung. Bupati Suwirta berharap peran serta masyarakat dengan meningkatkan potensi budaya, sosial ekonomi masyarakat, dan aktivitas Sekaa Truna sehingga tidak ada ruang bagi pelaku penyalahgunaan narkoba. Bupati Klungkung mengharapkan kedepan bersama Kapolres Klungkung dan Instansi terkait untuk memberantas Cafe remang-remang yang ada di lingkungan Kabupaten Klungkung. pihaknya berkomitmen akan mendukung Pihak Kepolisian dan Instansi terkait dalam pemberantasan Narkoba.
 
Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto menyampaikan,  tidak ada tempat lagi terhadap aktivitas penyalahgunaan narkoba. Keberadaan Desa Besan sangat antusias dalam pelaksanaan deklarasi kawasan terhadap kawasan bersih narkoba yang membawa dampak buruk terhadap generasi bangsa. Kegiatan Deklarasi sebagai bentuk mencerminkan wilayah yang mampu mengendalikan masyarakatnya yang bersih dari pengaruh Narkoba. Kapolres mengajak masyarakat mulai dari kalangan Sekaa Truna hingga orangtua agar menjauhi dan menghindari narkoba. Sebab, narkoba bisa merusak generasi bangsa Narkoba merupakan musuh bangsa  yang cukup berdampak negatif bagi bangsa. 
 
Pengucapan Deklarasi oleh Bendesa Adat Pekraman Besan Ketut Wardana yang kemudian di ikuti oleh seluruh hadirin dengan hikmat. Serta penandatangan komitmen bersama terkait anti Narkoba, merupakan simbol dari dideklarasikannya Kawasan Bersih Narkoba dan  dilanjutkan dengan Pemukulan Gong Deklarasi kawasan Bersih Narkoba oleh Bupati Klungkung.