Diposting : 12 January 2020 23:37
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ TUNJUKKAN - Kepala SDN 5 Kawan Made Supatmi tunjukan lokasi penyimpanan laptop pasca kejadian pencurian, Minggu (12/1).
balitribune.co.id | Bangli - Dua sekolah yang terletak di jantung Kota Bangli, yakni SD 5 Kawan dan TK Negeri Bangli yang berlokasi di jalan Brigjen Ngurah Rai, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli disatroni maling. Aksinya pencuri di dua sekolah yang bersebelahan tersebut baru diketahui pada Minggu (12/1). Pelaku pencurian berhasil membawa kabur beberapa unit Laptop. Kasus pencurian ini kini ditangani Sat Reskrim Polres Bangli.
 
Kepala Sekolah SD 5 Kawan Ni Made Supatmi saat dikonfirmasi  membenarkan kasus pencurian  tersebut. Diungkapkan bahwa pelaku pencurian berhasil membawa kabur tiga unit laptop yang disimpan di ruang kepala sekolah sekaligus ruang guru. “Di ruang tersebut ada belasan laptop, pelaku berhasil mengambil 3 unit laptop yang ada diatas meja. Laptop berisikan data pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Beberapa laptop lainya tersimpan di dalam almari,” bebernya.
 
Made Supatmi mengatakan bahwa pihaknya mengetahui sekolah disatroni maling  sekitar pukul 11.00 wita. Ketika itu dirinya datang ke sekolah dengan tujuan mengecek pekerjaan yang dilakukan pihak rekanan karena sedang ada kegiatan. “Awalnya saya ditelepon pihak rekenan yang mau bekerja, karena pintu gerbang sekoah masih terkunci, pihak rekanan tidak bisa masuk. Maka saya menghubungi petugas yang membawa kunci yang kebetulan tinggal tidak jauh dari sekolah. Baru setelah itu saya datang ke sekolah,” jelasnya.
 
Sesampai di sekolah, selain ada pihak rekanan ada juga guru atas nama Anak Agung Satria Wibawa  yang sedang  membersihkan  ruangan kelas. Nah ketika dirinya  ingin membuka pintu ruang kerja (ruang kepala sekolah)  yang juga difungsikan untuk ruang guru didapati kunci pintu  sudah dalam kondisi rusak.  Begitu  masuk dalam ruangan beberapa buah ladtop berserakan dilantai “ Melihat kondisi ruangan acak- acakan saya langsung memanggil Agung Satria. Bersama-sama kami mengecek barang-barang diruang, untuk memastikan kemungkinan adanya barang yang hilang,” sebutnya.
 
Dari hasil pengecekan tersebut diketahui ada tiga unit laptop yang telah hilang. Laptop yang hilang 1 unit merk Acer, 2 laptop merk Lenovo. Pelaku pencurian juga merusak filling cabinet. Filling cabinet digunakan untuk menyimpan uang/dana sekolah. Syukurnya sehari sebelum kejadian dana sekolah sudah dipindahkan.
 
Pasca kejadian tersebut, kepala sekolah asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini langsung melapor kepihak kepolisian. “Kami langsung laporkan ke polisi dan petugas langsung melakukan olah TKP,” imbuhnya.
 
Aksi pencurian juga terjadi di TK Negeri Bangli yang lokasi hanya berseberang jalan dengan SDN 5 Kawan. Sementara Kepala TK Negeri Bangli, Kadek Trisnawati saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa dirinya mendapat kabar jika sekolah dibobol maling. Kabar tersebut ia terima sekitar pukul 09.30 Wita. Dari hasil pengecekan barang yang hilang satu unit laptop merk Acer. Diduga maling masuk lewat jendela dekat ruang kepala sekolah. Diakui kejadian tersebut sudah dilaporkan kepihak berwajib.
 
Kapolsek Bangli Kompol I Nengah Rata saat dikonfirmasi membernakan jika telah terjadi aksi pencurian di kedua sekolah tersebut. Hanya saja untuk laporan yang masuk di Polsek kasus pencurian di TK Negeri Bangli. Sedangkan kasus di SDN 5 Kawan dilaporkan ke Polres Bangli. “Petugas sudah turun dan saat ini masih dilakukan penyelidikan,” jelasnya singkat seraya mengatakan di sekitar lokasi tidak ada CCTV.