Diposting : 24 February 2020 23:45
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ RUMAH BELANJA - Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara bersama Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra, saat meninjau pelaksanaan Festival Rumah Belanja di Dharmanegara Alaya Denpasar, Senin (24/2).
balitribune.co.id | Denpasar - Sebagai upaya berkelanjutan untuk mendukung pengembangan sektor Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemkot Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dekranasda menggelar Festival Rumah Belanja Denpasar 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Dharmanegara Alaya Kota Denpasar pada  Senin (24/2) dan akan berlangsung hingga Selasa (25/2).
 
Hadir untuk meninjau pelaksanaan kegiatan sembari berbelanja hasil kerajinan khas Denpasar Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara serta  masyarakat Kota Denpasar.
 
Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk memperkenalkan rumah belanja. Dengan begitu diharapkan mampu memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM di Kota Denpasar, khususnya dalam bidang pemasaran.
 
Kegiatan ini digelar secara rutin setiap tahun serangkaian HUT Kota Denpasar. Tujuannya,  untuk mendukung pengembangan UMKM dan IKM, khususnya dalam bidang pemasaran, Sehingga secara berkelanjutan dapat menciptakan pasar bagi perajin.
 
 “Kedepanya kami mendorong UMKM dan IKM untuk terus berkrestifitas dan berkarya, sehingga mampu menguasai pangsa pasar,” kata Selly.
 
Kadis Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Kota Denpasar ke- 232. Festival Rumah Belanja Denpasar ini adalah yang kedua  kalinya dilaksanakan oleh Rumah Belanja Denpasar. Sebelumnya bernama Great Sale Rumah Belanja Denpasar.
 
Tujuan  festival ini, katanya, untuk memberikan kesempatan kepada IKM dan UMKM untuk mempromosikan produk - produknya. 
 
Didalam event  ini turut dilaksanakan pameran produk fashion, produk kerajinan, produk aneka sambel dan bumbu. Sebagai pra event akan diadakan lomba Fotografi dan pameran Motor Custom serta Workshop Produksi Sabun dan Workshop Fashion Disain.
 
Kegiatan Festival Rumah Belanja ini melibatkan 20 pelaku IKM/UKM dan 50 peserta Workshop yang terdiri atas 15 orang perajin/pelaku usaha Fashion dan Kerajinan, dan 5  orang perajin / pelaku usaha Sambel dan Bumbu.
 
Selain itu, juga dilaksanakan Workshop Produk Sabun, pelaksanaan pra event workshop disain fashion, lomba fotografi dan pameran motor custom.