Diposting : 2 August 2019 14:41
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ BELUM RAMPUNG - Proyek pembangunan gedung SMAN 2 Kuta Selatan masih proses pengerjaan. Proyek ini bersamaan dengan proyek gedung SMAN 2 Abiansemal dan ditarget rampung November 2019.
balitribune.co.id | Mangupura - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung tengah menggenjot pembangunan dua SMA baru. Anggaran untuk proyek yang sedang berlangsung ini lebih dari Rp 100 miliar,  sumber APBD Badung tahun 2019.
 
Setelah terbangun, sesuai arahan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, kedua bangunan sekolah ini sepenuhnya akan dihibahkan ke pihak Pemprov Bali. Pasalnya, sesuai Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana kewenangan pengelolaan SMA atau sederajat ada di provinsi.
 
Dua bangunan sekolah yang sedang dalam tahap pembangunan ini adalah SMAN 2 Abiansemal yang berlokasi di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal dan SMAN 2 Kuta Selatan di Lingkungan Mumbul, Kelurahan Benoa, Nusa Dua. 
 
Berdasarkan dokumen lelang, pembangunan gedung SMAN 2 Abiansemal disiapkan anggaran Rp 59.398.096.940,00, dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 59.192.051.369,55. Sementara, untuk SMAN 2 Kuta Selatan dianggarkan Rp 59.398.096.940,00, dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 59.134.766.667,79.
 
Setelah melalui proses pelelangan nilai kontrak SMAN 2 Abiansemal sebesar Rp 56.413.091.306 yang dikerjakan PT Tunas Jaya Sanur. Sedangkan SMAN 2 Kuta Selatan dikerjakan oleh PT Bianglala Bali dengan nilai sebesar Rp 54.443.123.247. 
 
Untuk proyek SMAN 2 Kuta Selatan meliputi pekerjaan bangunan kantor, bangunan kelas type 1 (2 unit bangunan kelas), bangunan kelas type 2 (2 unit bangunan kelas), bangunan laboratorium, bangunan pos jaga (2 unit), finising paduraksa penyengker dan papan nama, pekerjaan area suci, serta pekerjaan penataan halaman.  
 
Selanjutnya untuk SMAN 2 Abiansemal meliputi bangunan kantor, bangunan kelas type 1 (1 unit bangunan kelas), bangunan kelas type 2 (2 unit bangunan kelas), bangunan pos jaga, pekerjaan penyengker dan candi bentar, area suci dan penataan halaman.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) IB Surya Suamba, Kamis (1/8) menjelaskan kedua proyek sekolah ini sedang dalam tahap pembangunan.
 
“Sesuai target kedua bangunan sekolah ini harus sudah rampung pada bulan November tahun ini,” katanya.
 
Bila proyek ini sudah rampung, pihaknya mengklaim SMAN 2 Kuta Selatan dan SMAN 2 Abiansemal secara fisik akan menjadi yang terbagus dibandingkan bangunan sekolah negeri lainnya di Bali.
 
“Sesuai arahan Bapak Bupati, gedung SMA ini harus didesain dengan baik.  Karena nanti setelah bangunan ini jadi selanjutnya akan dihibahkan ke Pemprov Bali,” kata Surya Suamba.
 
Dengan adanya tambahan dua sekolah SMAN ini, maka total akan ada 10 SMA Negeri di Gumi Keris. Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga Badung, I Ketut Widya Astika secara terpisah menyatakan bahwa dengan tambahan sekolah negeri ini akan memberikan kesempatan lebih banyak untuk siswa-siswa lulusan SMP mengenyam pendidikan di SMA Negeri.
 
”Dengan adanya tambahan dua SMA Negeri, total di Badung memiliki 10 SMAN,” ujarnya sembari menambahkan bahwa masalah SMA sederajat saat ini zonasinya lintas kabupaten karena sudah menjadi wewenang provinsi. (u)