Diposting : 27 January 2020 12:32
Khairil Anwar - Bali Tribune
Bali Tribune/Kapolsek Gerokgak Kompol I Made Widana bersama anggota mendatangi TKP temuan tengkorak manusia.
balitribune.co.id | Singaraja - Kapolsek Gerokgak,Kompol I Made Widana membenarkan temuan tengkorak dan serpihan tulang manusia di kawasan hutan produksi terbatas masuk wilayah Desa Pejarakan,Gerokgak,Minggu (26/1).
kata Widana,Putu Suladra (28) seorang petani yang mengelola tempat itu merupakan penemun pertama tengkorak tersebut.
 
"Saat mencari rumput disekitar lahan garapan pertama ditemukan tulang yang awalnya diduga tulang binatang.Namun tidak jauh dari ditemukan tulang, ditemukan tengkorak manusia.Karena curiga  Putu Suladra langsung meninggalkan lokasi dan melaporkan temuan itu kepada Made Suana selaku Security Hotel Pelataran,"ungkap Kompol Widana seizin Kapolres Buleleng,AKBP I Made Sinar Subawa,Senin (27/1).
 
Mendapar laporan itu,Suana melakukan kontak dengan Bhabinkamtibmas Desa Pejarakan Aiptu Wayan Sudarma serta perangkat desa lainnya untuk dilakukan cross chek atas laporan tersebut.Setelah dipastikan,Aiptu Sudarma melaporkan temuan itu kepada Kapolsek Kompol Widana.
 
"Dari hasil olah TKP ditemukan - tengkorak , gigi, rahang bawah, tulang, tulang pinggul dan disekitar lokasi di temukan bekas gundukan tanah. Temuan tengkorak dan tulang kemudian diamankan Kapolsek Gerokgak untuk dibawa dan dititip di Rumah Sakit Umum Daerah Kabuapten Buleleng,"imbuh Widana.
 
Menurut Widana, pihaknya saat ini tengah melakukan pengumpulan informasi dan meminta keterangan kepada penemu pertama tengkorak untuk melakukan penyelidikan agar identitas tengkorak bisa diungkap.
 
"Penemuan tengkorak dan tulang masih dalam proses penyelidikan dan belum bisa diidentifikasi karena akan dimohonkan pemeriksaan kelaboraturium forensic Polda Bali,"tandas Widana.
 
Sebelumnya,warga yang kerap beraktivitas dikawasan hutan produksi terbatas Labuan Lalang, Desa Pejarakan, Gerokgak dikejutkan dengan penemuan onggokan tengkorak dalam kondisi berserakan, Minggu (26/7) sekitar pukul  16.30 wita.
 
Warga bernama Putu Suladra (28) warga Banjar Dinas Marga Garuda,Desa Pejarakan yang pertama menemukan tengkorak tersebut. Pria yang kesehariannya bertani ini mengaku kaget dan langsung melapor kepada Satpam Hotel Plataran, Made Suana (38) yang kebetulan dekat dengan tempat penemuan tengkorak.
"Dari Satpam dan warga melapor ke Pos Polisi Pejarakan dan bersama kami menuju TKP,"kata  Kepala Desa Pejarakan Made Astawa.