Bali Tribune, Rabu 18 Juli 2018
Diposting : 29 April 2016 12:47
I Made Darna - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bupati Giri Prasta disaat menghadiri pertemuan rutin tahunan bersama stakeholder pariwisata dan pemangku kepentingan terhadap pariwisata dan obyek-obyek wisata di Badung, Kamis (28/4) di lantai 3 lobi Ruang Kerta Gosana Puspem Kabupaten Badung.

Mangupura, Bali Tribune

Pemerintah dengan dukungan penuh DPRD Kabupaten Badung memiliki komitmen yang kuat mewujudkan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Badung dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan semakin berkualitas.

Guna mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkualitas ini maka penyediaan infrastruktur yang berskala Internasional serta penataan obyek dan destinasi Pariwisata menjadi pokus dan prioritas pembangunan di Kabupaten Badung baik dalam Tahun 2016 ini demikian pula dalam tahun 2017 mendatang.

“Kami amat menyadari bahwa Sektor Pariwisata ini mimiliki kontribusi terbesar dalam menjaga pertumbuhan ekonomi daerah sehingga mesti kita dapat terus jaga agar sektor ini dapat berjalan secara berkesinambungan guna sepenuhnya dapat diorientasikan untuk kesejahteraan Masyarakat Badung”. Demikian ditegaskan oleh Bupati Badung pada acara gathering Bupati Badung dengan stakeholders Pariwisata di Kabupaten Badung, Kamis (28/4) di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung ‘Mangupraja Mandala’.

Kegiatan gathering yang menjadi agenda rutin ini selain dihadiri Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, turut juga hadir Wakil Bupati (Wabup) Badung Ketut Suiasa, Sekab Badung Kompyang R Swandika, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Ketua PHRI Prov Bali Cokorde Artha Ardhana Sukawati, Ketua PHRI Badung Anak Agung Ngurah Rai Surya wijaya, Kadis Pariwisata Kab. Badung Cokorda Raka Darmawan serta SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung  dan para pelaku dan pengelola Daerah Obyek dan Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta yang didampingi Wabup Suiasa juga mengungkapkan bahwa dalam upaya menjaga pariwisata di Kabupaten Badung ini tetap berkesinambungan maka keterlibatan segenap stakeholders dan pemangku kepentingan dalam pembangunan kepariwisataan ini mesti juga terus disiapkan ruang dan difasilitasi, dan pemerintah akan senantiasa membuka diri untuk mengajak serta menerima berbagai masukan yang konstruktif dan solutif dalam mewujudkan pariwisata Badung yang semakin berkualitas.

“Kebijakan dan arah pembangunan kepariwisataan ini juga akan disinergikan dengan berbagai sektor yang ada sehingga keberhasilan pembangunan disektor pariwisata ini benar benar dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat selain dari sumbangan sektor ini dalam bentuk pajak PHR. .misalnya bagaimana industri pariwisata yang ada di Badung ini berkontribusi untuk dapat menyerap lulusan SMK Pertanian kita di etang misalnya mereka dapat diterima sebagai gardener di hotel di Badung,” katanya.

Demikian pula halnya dalam upaya mewujudkan masyarakat badung bebas dari keluarga miskin, Rasanya malu bila ternyata masysrakat kita masih ada yang miskin, .disinilah saya pandang penting kita membangun empaty sosial bersama yakni pemerintah bersama stakeholders pariwisata untuk bekerja sama dalam mengentaskan kemiskinan di Badung.

Di Bagian lainnya, Bupati Giri Prasta juga mengajak industri pariwisata untuk membantu pemerintah daerah dalam pengembabgan pariwisata desa. “Agar pariwisata berbasis masyarakat ini dapat berkembang maka keterlibatan industri intuk turut serta mengambil peran nyata dengan menjadikan desa wisata kita ini sebagai binaan atau masing masing hotel berkenan sebagai bapak angkat,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Cokorde Raka Darmawan dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah menyamakan persepsi dalam menghidupkan pariwisata di Kabupaten Badung serta untuk mempererat jalinan silahturahmi antara stakeholder dengan Bupati dan wakil Bupati terpilih Kabupaten Badung.

Dengan perkembangan pariwisata Kabupaten Badung yang merupakan sektor unggulan dalam pendapatan asli daerah di Kabupaten Badung dan menjadi pilar penggerak ekonomi rakyat di Badung dan Bali. Mengingat Kabupaten Badung menjadi tujuan wisata lokal maupun Internasional diharapkan Kabupaten Badung selalu mampu memberikan yang terbaik bagi wisatawan maupun masyarakat dalam menjalankan roda kepariwisataan.

Untuk itu tujuan diadakannya pertemuan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dan stakeholder pariwisata untuk dapat menjalin kesepakatan dan memberikan kiat-kiat dan menggali obyek wisata yang ada di Badung.

“Dimana Bali yang menjadi salah satu pulau terbaik dunia untuk itu Kabupaten Badung yang menjadi tujuan wisata dapat mengikuti perkembangan kepariwisataan dunia dan strategi pemasaran serta promosi dengan memperkuat kerjasama yang baik dengan melibatkan para pelaku bisnis pariwisata, tentunya tetap dilakukan antara lain dengan mengikuti kegiatan pariwisata internasional dan mancanegara untuk kemajuan pariwisata Badung dan Bali,” tegasnya.