Diposting : 18 January 2020 00:49
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERABUAN - Upacara perabuan secara militer almarhum I Nyoman Suwandha, SH, Jumat (17/1).
balitribune.co.id | Buleleng - Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri bertindak selaku Irup dalam Upacara Perabuan secara militer yang dilanjutkan Upacara Palebonan jenazah almarhum I Nyoman Suwandha, SH, mantan Wakil Jaksa Agung RI (1995 - 1997) dan Ketua PHDI Pusat (2001- 2006), di Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Jumat (17/1).
 
Diawali dengan upacara militer pemberangkatan jenazah dari rumah duka di Jl Gajah Mada, Buleleng, menuju setra (tempat pemakaman) Buleleng dipimpin Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Idianto, SH, MH. Setibanya di setra Buleleng dilaksanakan upacara perabuan jenazah dipimpin Kasdam IX/Udayana, sambil membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP.
 
Upacara kebesaran ini katanya, dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, dharma bhakti, dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya. Dengan kepergian almarhum, semua kehilangan seorang putra terbaik bangsa yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan demi tetap tegaknya NKRI. 
 
"Apa yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya, terutama saat beliau mengemban tugas dengan penuh semangat dan keikhlasan, tentunya sangat bermanfaat untuk kita teladani bersama dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara," ujarnya. 
 
Disisi lain, bahwa almarhum sebagai manusia biasa, semasa hidupnya tentu tidak luput dari segala kekhilafan dan kealpaan. Oleh karena itu, Pangdam mengajak semua yang hadir berkenan secara ikhlas melapangkan dada untuk memaafkan segala kekhilafan atau kesalahan almarhum. ”Mari kita mendo’akan almarhum, semoga kekhilafan dan kesalahan almarhum diampuni dan arwahnya diterima di sisi-Nya," harap Pangdam.
 
Almarhum wafat pada 3 Januari 2020, dan sangat mengagetkan keluarga juga semua pihak. Meski dokter di Singapura menyebutkan, penyakit kanker yang dideritanya mulai tahun 2018 sudah negatif, dan pada Mei 2019 kondisinya berangsur membaik. Pihak keluarga almarhum menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, Kejaksaan Agung RI, Pemkab Buleleng, kerabat Desa Banjar Jawa dan keluarga besar almarhum atas segala dukungannya.  
 
Turut hadir Kajati Bali, Asintel Kasdam IX/Udayana, Kasrem 163/Wira Satya, Dandim 1609/Buleleng, juga (Wakil Bupati, Kapolres, Kajari, dan Kepala Pengadilan Negeri) Buleleng, Dandenkesyah dan Kepala SPN Singaraja, Danyonif Raider 900/SBW, para Pimpinan BUMN dan Lembaga Kabupaten Buleleng. Termasuk para perwira dan anggota Kodim 1609/Buleleng, Camat Buleleng, Lurah Banjar Jawa, beberapa tokoh (agama, adar, dan masyarakat) Buleleng, yang total sejumlah seribu orang.