Diposting : 27 July 2018 12:54
Redaksi - Bali Tribune
Paslon tak hadir, Rapat Pleno KPU Lenggang.
BALI TRIBUNE - Rapat pleno terbuka, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada  Pilkada Gianyar 2018, tidak dihadiri kedua pasangan calon, Kamis (26/7) kemarin. Balai budaya yang berkapasitas 2000 orang pun terlihat lenggang, karena undangan lainnya juga banyak yang tidak hadir. Perwakilan paslon yang akhirnya hadir di penghujung acara, mengungkapkan jika paslon bupati dan wakil bupati terpilih sedang di luar kota.
 
Dengan pertimbangan ruang rapaat KPUD Gianyar yang sempit,  rapat pleno terbuka, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada  Pilkada Gianyar 2018, akhirnya dipindah ke di Balai Budaya Gianyar dengan kapasitas 2000 orang.  Namun sayang, rapat berlangsung dengan minim kehadiran. Deretan kursi undangan yang telah disediakan, banyak yang  kosong  dan yang hadir sebagian besar perwakilan.
 
Pada kursi kehormatan untuk kedua pasangan bupati dan wakil bupati juga tanpa kehadiran.  Meski demikian, rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati Gianyar terpilih, tetap berlangsung. “Yang terpenting kami sudah menyampaikan undangan  kepada kedua paslon, termasuk pula ke pimpinan partai penggusung, Ketua DPRD Gianyar, Panwaslu dan yang lainnya, “ ungkap Ketua KPUD Gianyar AA Gde Putra usai rapat.
 
Dalam rapat pleno itu, Pasangan caloan nomor urut dua, yakni I Made Mahayastra dan AA Gde Mayun ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gianyar terpilih. Di Pilkada Gianyar 2018, pasangan  yang diguyung PDIP ini memperoleh 193. 923 suara. Sedangkan pasangan nomor urut satu,  yakni Tjokorda Raka Kerthyasa dan Pande Istri Maharani memperoleh 93. 336 suara.
 
Menariknya, menjelang penghujung acara perwakilan paslon terpilih  akhirnya hadir.  Ketua KPU Gianyar lantas menyerahkan rangkap berita acara kepada seluruh perwakilan, kecuali  Ketua Panwaslu. Mengenai ketidakhadiran paslon terpilih, pihak perwakilan hanya menyebutkan jika pemimpin gianyar periode 2018-2023 itu,   sedang berada di luar kota. “Selaku tim hukum pasangan AMAN, saya dimandatkan untuk mewakili. Kebetulan kedua paslon kami sednag berada di luara kota,” terang I Gede Narayana singkat.
 
Tidak hanya pasangan calon terpilih, Ketua DPRD Gianyar yang notabena sebagai tim pemenangan juga tidak hadir pada acara tersebut. Dari informasi,  paslon dan tim pemenangan, kini sedang berada di luar negeri.