Diposting : 23 March 2020 08:00
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Penyemprotan desinfektan di sejumlah ruang publik, Minggu (22/3).
Balitribune.co.id | Denpasar - Guna mencegah meluasnya wabah virus Corona atau Coronavirus disease (Covid-19), para Babinsa Koramil jajaran Kodim 1611/Badung dikerahkan untuk melakukan tindakan preventif penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Bersinergi dengan Babinkamtibmas, lurah, perangkat desa, tokoh adat, karang taruna, puskesmas, linmas, dan pecalang, para Babinsa tersebut menyemprotkan cairan desinfektan di sejumlah ruang publik di kedua wilayah ini, Minggu (22/3).
 
"Hari ini, Minggu, 22 Maret 2020, kami melaksanakan penyemprotan serentak cairan desinfektan di area publik, seperti di pasar, sejumlah sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan dan beberapa restoran, bar dan beberapa obyek wisata," ujar Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto, seraya memerintahkan para Babinsa untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke semua area publik guna mencegah paparan Covid-19.
 
Berbagai langkah sehat dan sigap dilakukan para prajurit TNI di jajaran Kodim 1611/Badung untuk mengantisipasi mewabahnya virus Corona di wilayah teritorial Kodim 1611/Badung. Mereka dikerahkan dan langsung turun ke sejumlah lokasi keramaian yang sering dikunjungi masyarakat, sambil melakukan sosialisasi upaya pencegahan penyebaran virus Corona serta penyemprotan cairan desinfektan. 
 
"Kegiatan pencegahan atau tindakan preventif serta sosialisasi tentang bahaya virus Corona atau Covid 19 dengan sasaran di tempat-tempat keramaian, seperti pasar tradisional, balai banjar atau balai pertemuan, kantor-kantor pemerintahan, dan tempat-tempat wisata," jelas Kolonel Puguh Binawanto.
 
Dandim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi dan mengikuti arahan pemerintah,  seperti terkait social distancing, dan mengedukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Jangan keluar rumah atau tunda bepergian ke tempat-tempat keramaian, jaga jarak bila bertemu siapapun, hindari jabat tangan atau bersentuhan langsung, rajin cuci tangan menggunakan sabun atau air mengalir, dan selalu gunakan masker," saran Dandim. 
 
Sehari sebelumnya, sejumlah Babinsa Koramil 1611-05/Abiansemal Kodim 1611/Badung dikerahkan untuk menyosialisasikan cara dan langkah sehat agar terhindar dari paparan Covid-19 ke sejumlah lokasi yang sering dijadikan tempat berkumpul dan beraktivitas masyarakat di wilayah Abiansemal, Kabupaten Badung, Sabtu (21/3).
 
Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu langkah sigap jajaran Kodim 1611/Badung untuk memotong rantai penularan virus Corona dan sebagai wujud nyata untuk menindaklanjuti perintah Komando Atas serta mendukung imbauan pemerintah daerah (Pemda) dalam upaya penggulangan serta mencegah agar paparan Covid-19 tidak semakin meluas lagi.
 
Seperti yang dilakukan Peltu Agung saat memberikan ceramah seputar permasalahan Covid-19 di Desa Ayunan, Abiansemal. Sedangkan, Serma Lastawan menyosialisasikan upaya mencegah paparan Covid-19 melalui kegiatan dialogis dan sharing  dengan sejumlah warga di wilayah Blahkiuh, Abiansemal, Badung.
 
Kegiatan serupa juga dilakukan Serma Ardana terhadap sejumlah warga di Desa Mambal, sedangkan Sertu Subrata melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan sejumlah warga di Desa Taman. Serta Sertu Suandi menemui sejumlah warga di Desa Sibang Kaja untuk mematuhi imbauan pemerintah agar terhindar dari paparan virus mematikan tersebut.