Diposting : 22 November 2018 20:00
Khairil Anwar - Bali Tribune
Bupati Putu Agus Suradnyana bercengkerama dengan Perbekel serta sejumlah perangkat dan tokoh terkait di Desa Tamblang saat Kunker ke desa itu, Rabu 921/11) kemarin.
BALI TRIBUNE - Guna memastikan arah pembangunan Buleleng telah sesuai dengan visi dan misinya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, mulai Rabu (21/11) kemarin menggelar safari kerja bertajuk kunjungan kerja (kunker) ke-9 kecamatan di Buleleng. Adapun kunjungan perdana dilakukan di di wilayah Timur Buleleng yakni, Kecamatan Sawan,Kubutambahan dan Tejakula.
 
Pada kunjungan perdananya itu Bupati Suradnyana fokus pada 5 proyek revitalisasi pasar desa yakni, Pasar Desa Sudaji Kecamatan Sawan, Pasar Desa Giri Emas Kecamatan Sawan, Pasar Desa Bungkulan Kecamatan Sawan, Pasar Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan, Pasar Desa Tejakula Kecamatan Tejakula.
 
Kelima pasar tersebut sudah selesai dikerjakan dengan kualitas yang baik. Sumber dana revitalisasi pasar tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perdagangan dan Perindustrian. 
 
Selain meninjauan proyek revitalisasi pasar, Kunker Bupati Buleleng hari pertama juga meninjau pelayanan dan sarana prasarana Rumah Sakit Pratama,Desa Giri Emas, peningkatan jalan Bengkala-Bungkulan sepanjang 3 Km, jalan Menyali-Pura Praban 1,64 Kilometer, dan rehabilitasi jalan Banjar Kaja Kauh-Kelod Kangin.
 
Disela-sela kunjungannya Bupati Suradnyana memberikan catatan pada sejumlah tempat seperti, peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan kawasan pasar desa.
 
“Untuk pasar di Desa Sudaji masih belum maksimal. Masih ada perbaikan yang harus dilakukan menyangkut saluran dan pembuangan limbah. Tapi untuk pasar yang lain sudah bagus semua,” katanya.
 
Selain itu Bupati juga menyoroti soal, ketersediaan alat kesehatan (Alkes) di RS Pratama Desa Giri Emas.
 
Ditegaskan Bupati Suradnyana, terkait Alkes Kesehatan di RS. Pratama Desa Giri Emas, untuk tahun 2018 ini, secara optimal ketersediaannya sudah bersinergi dengan Pemprov Bali.
 
Namun satu hal yang belum bisa terpenuhi adalah, ketersediaan Dokter Anastesi.
 
“Sementara dipinjam dulu di RSUD Buleleng, tapi nanti kedepannya kita terus mencari kekurangan dokter termasuk dokter anastesi. Untuk alat kita sudah lengkap semua,” jelasnya.
 
Pada akhir kunjungannya, Bupati Suradnyana menggelar  tatap muka dengan massyarakat Kecamatan Tejakula di wantilan Desa setempat. 
 
Selanjutnya, secara simbolis, Bupati menyerahkan bantuan bibit Kelapa Genjah, sarana produksi, cultivator dan power sprayer, alat pengakap ikan, bantuan rumah swadaya sebanyak 662 unit.
 
Termasuk pula, bantuan dana hibah untuk pengempon Pura Pingit dan Pengempon Pura Sekar Banjar Dinas Tegal Sumaga Desa Pakraman Tejakula,