Diposting : 6 February 2020 00:57
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ LATMA – Pamen asal AS dan Australia mengunjungi Korem 162/Wira Bhakti, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (5/2/2020).
balitribune.co.id | Mataram - Sejumlah perwira menengah (Pamen) asal Amerika Serikat (AS) dan Australia mengunjungi Makorem 162/Wira Bhakti (WB) di Jalan Lingkar Selatan, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (5/2/2020). Kedatangan Tim Initial Planing ini dalam rangka menjalin silaturrahmi, koordinasi, dan membahas rencana materi Latihan Bersama (Latma) "Pasific Angel 2020" di NTB.
 
Kedatangan Tim Initial Planing yang dipimpin Kolonel Brian Mc Cullough, Atase Pertahanan Udara United State Of America (USA) disambut Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, SSos, SH, MHan, didampingi Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori beserta para Perwira jajaran Korem 162/WB.
 
Sementara Kolonel Brian Mc Cullough didampingi Letkol Chu (AS), Major Gross (AS), Kirk Hummel (USA), dan Todd Goldsman dari Australia Air Force (AAF), Dansatkes Mabes TNI Letkol Kes dr Mintoro Sumego MS, Spkp.
 
Upacara penyambutan digelar di halaman depan Makorem 162/WB, dilanjutkan dengan pengalungan selendang tenun khas Lombok oleh beberapa siswa TK Kartika kepada rombongan tamu. Kemudian diiringi tetabuhan gendang beleq (musik tradisional khas Sasak) rombongan tamu tersebut menuju lokasi yang telah ditentukan untuk mengikuti sesi foto bersama, lalu mengisi buku tamu kunjungan dan dialog di ruang tamu Wira Bhakti.
 
Terkait dengan kunjungan tersebut, Danrem mendukung sepenuhnya rencana kegiatan tersebut, karena berdampak positif terhadap masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTB. Selain itu, dapat meningkatkan kerja sama militer antarkedua negara, khususnya Indonesia dan AS dalam rangka keamanan kawasan Asia Pasifik yang dihadapkan dengan isu-isu batas wilayah, baik daratan maupun lautan.
 
"Terkait dengan rencana pelaksanaan latihan tersebut akan menunjukan kepada dunia bahwa NTB aman dan siap menyelenggarakan MotoGP tahun 2021 maupun dalam menerima kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik," ujar Danrem.
 
Sesuai rencana, seluruh rangkaian kegiatan "Pasific Angel 2020" akan dilaksanakan selama lima hari pada Juni 2020 mendatang. Salah satu materi kegiatan berupa evakuasi udara korban bencana dan pembangunan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat di beberapa tempat di NTB.
 
Melibatkan unsur-unsur TNI, Pemda, dan masyarakat NTB serta mereka yang terlibat dalam "Latma Pasific Angel 2020". “Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah NTB, khususnya bagi TNI terkait transfer teknologi penanganan bantuan bencana alam menggunakan teknologi canggih,” harapnya.
 
Kolonel Brian Mc Cullough menyampikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang sangat hangat dan meriah tersebut. Acara dialog diakhiri dengan saling tukar cinderamata dari Danrem kepada Kolonel Brian Mc Cullough dan rombongan, dan dari Kolonel Brian Mc Cullough kepada Danrem 162/WB.
 
Tim Initial Planning Latma Pacific Angel 2020 juga berkunjung ke Kantor Gubernur NTB, Kantor Walikota Mataram, dan Lanud ZAM Rembiga.