Diposting : 14 April 2016 14:25
I Made Darna - Bali Tribune
Kadek Sudarmaja

TANAMAN langka perlu dilestarikan oleh pemerintah Kabupaten Badung. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman langka sebagai perindang atau tanaman hias di komplek-komplek tanam milik Pemkab Badung. “Kami mendorong pemerintah menanam lebih banyak tanaman langka di taman-taman milik Pemkab Badung,” kata anggota DPRD Badung I Kadek Sudarmaja, Rabu (13/4).

Menurutnya pelestarian tanaman langka asli Bali ini sangat penting untuk dilestarikan. Sebab, hutan dan tegalan yang semakin terhimpit mengancam tanaman lokal Bali ini punah. “Terutama tanaman yang dipakai untuk keperluan upakara harus diperbanyak. Sehingga masyarakat mudah mencarinya,” tegasnya.

Selain itu, pohon buah lokal Bali yang sudah sangat jarang ditemui juga cocok dijadikan perindang di taman-taman pemerintah. Ia mencontohkan seperti pohom sentul, pohon badung, pohon Kem dan sebagainya yang saat ini kian sulit diperoleh. “Ini kan di Badung, jadi pohon Badung mestinya banyak. Karena pohon ini bisa jadi ciri khas daerah,” terang politisi Gerindra ini.