Diposting : 4 September 2017 16:34
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
SUZUKI baleno
Keterangan Gambar: 
Fitur-fitur kokpit baleno lengkap dan praktis.

BALI TRIBUNE - Bersamaan dengan diperkenalkan Suzuki Baleno Hatcback, PT Sejahtera Indobali Trada (SIT) mengadakan  test ride bagi kalangan media  termasuk Bali Tribune (BT).

Test Ride dimulai pukul 14.00 Wita rute Denpasar- Badung.Pantaun BT  Saat mobil diam,keluarga terbaru Baleno ini  tampil jauh berbeda dari  generasi pendahulunya.

Kemewahan desain luar tercermin  melalui garnish chrome yang menyebar mulai dari grille, pegangan pintu serta belakang. Tampilannya luar mengkombinasikan  bentuk elegan dan karakter sporty.Hal ini membuat Baleno seperti ingin bergerak agresif meskipun mobil diam.

Puas pelotot tampilan luar, masuk kedalam kabin. Sisi kepraktisan  dimaksimalkan dengan Keyless Entry,  mudah mengakses ke kabin. Saat akan menyalakan mesin, cukup menekan tombol Engine Start Stop di dashboard.

Ketika  berada dalam kokpit kenyamanan berkendara langsung dirasakan BT. Ini  karena di lingkar kemudi terdapat remote khusus untuk memilih fitur perangkat audio dan juga Bluetooth  terkoneksi. Sebelum melaju,  bisa melakukan pengecekan pada keempat pintunya  melalui fitur  Multi information display. 

Panasnya terik udara luar , tidak terasa  dalam kokpit, adanya Auto Climate Control memudahkan BT  segera mendapat tingkat kesejukan. Fitur ini  tidak sekadar mendinginkan kabin, namun bisa juga disesuikan tingkat kehangatannya ketika sedang melalui daerah yang terlalu dingin suhunya.

Masih dalam fitur kecanggihan Baleno, jika  ingin  mengetahui kekuatan mesin Baleno  (torsi dan tenaga) bisa pilih Mode,  pengemudi  bisa lebih cerdas  memilih pola berkendaran,  berakselerasi kuat atau ingin santai. 

Sedangkan jika  ingin mengetahui tingkat efesiensi bahan bakar,  bisa  dilihat dipanel   MID. Ada juga fitur  untuk mengetahui seberapa lama berkendara, dan bila  ingin tampil  lebih elegan, bisa  memilih tampilan jam seperti analog.Hebatnya warna –warna  pada  fitur MID system bias diatur sesuai selera.

Injak pedal gas mobil pun melaju. Berdimensi panjang  3.995 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm, jarak sumburoda 2.520 mm, tidak  hanya menjadikan  ruang kabin yang lapang tapi juga  sangat mumpuni berakselarasi melibas macetnya ruang jalan Imam Bonjol serta Jln raya Canggu.

Mengandalkan platform generasi terbaru HEARTECT, mobil ini  tidak  hanya ringan namun juga lebih kokoh saat  menyerap benturan aspal jalan, termasuk nyaman saat dipacu cepat melibas ruas jalan Tol Bali Mandara.

Baik pengendara maupun penumpang tidak perlu kuatir  saat dipacu  pada kecepatan  tinggi, lantaran pendukung keselamatan selama berada di kabin. Untuk pengendara dan penumpang depan sudah disiapkan Dual SRS Airbag. Ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak, ban tidak akan terkunci berkat adanya Antilock Braking System (ABS), hal ini memungkinkan pengendara mengarahkan kendaraannya menghindar dari rintangan.

Hadirnya  Electronic Brakeforce Distribution (EBD) membuat pengereman lebih efektif dan lebih pendek. Selain itu adanya Brake Assist (BA) juga akan membantu pengendara lebih ringan menekan pedal rem.

Dengan harga fitur-fitur lengkap serta harga yang cukup terjangkau On The Road Bali Rp  227.000.000 tipe AT, dan 214.5000.000 AT, Baleno bisa dikatakan terbaik dikelasnya.