Diposting : 28 January 2020 01:16
Khairil Anwar - Bali Tribune
Bali Tribune/ TANAM MANGROVE - Camat Gerokgak Made Juartawan tanam mangrove di pesisir Desa Pengulon, Gerokgak.
balitribune.co.id | Singaraja - Polres Buleleng melakukan tanam pohon dalam rangka Polri Peduli Penghijauan, di kawasan Hutan Taman Nasional Bali Barat, Desa Pejarakan, Gerokgak. Kapolres Buleleng AKBP Sinar Subawa bersama Kepala Taman Nasional Bali Barat drh. Agus Krisna, Kadis Lingkungan Hidup Buleleng Putu Ariadi, serta masyarakat Grogak ikut dalam acara itu. 
 
Kapolres AKBP Sinar Subawa mengatakan, bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan, ledakan penduduk, dan sebagainya. "Hutan yang terpelihara dengan baik, dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi melindungi lahan di sekitarnya. dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga," ujarnya.
 
Di lokasi lahan kritis lain Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak dilakukan kegiatan yang sama. Selain menanam pohon keras endemik, juga ditanam mangrove di kawasan pantai desa tersebut. Camat Gerokgak Made Juwartawan mengatakan, kondisi alam di wilayah Kecamatan Gerokgak yang sering kekurangan air membuat semua pihak sadar lingkungan. Kendati kecil, tapi harus dilakukan secara terus menerus. Bersama steak holder yang lain, Camat Juartawan mengaku bahu membahu dalam upaya penyelamatan lingkungan.
 
GM Pelindo III Celukan Bawang Rio Dwi Santoso mengatakan, pihaknya selalu minta dilibatkan dalam setiap upaya penyelamatan dan pemeliharaan lingkungan.