Diposting : 9 December 2017 12:09
Redaksi - Bali Tribune
Pemprov
TANAM POHON - Bupati IGA Mas Sumatri dalam acara menaman pohon bersama Pemprov Bali di Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (8/12).

BALI TRIBUNE - Gerakan penanaman pohon penting dilakukan untuk memperbaiki lingkungan serta mencegah bencana tanah longsor yang bisa muncul akibat musim hujan. Meningkatkan kesadaran menanam dan memelihara pohon secara berkesinambungan, sehingga hasilnya di masa mendatang benar-benar memberikan manfaat yang besar dalam memperbaiki lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Karangasem bersama Pemerintah Provinsi Bali melaksanakan penanaman pohon di Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis Karangasem, Jumat (8/12). Acara penghijauan itu dimotori oleh Dinas Tanaman Pangangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem. Tidak kurang dari seribuan orang dilibatkan dalam penanaman pohon yang dipusatkan di Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Ikut dalam kegiatan adalah Gubernur Bali Made Mangku Pastika beserta jajaran, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, OPD Karangasem beserta staf, PPL Karangasem, Kepala Desa beserta staf, warga Desa Adat Sengkidu, STT Desa Adat Sengkidu dan Siswa-Siswi sekolah. Kegiatan yang dimulai mulai pukul 06.30 di Desa Adat Sengkidu itu  menanam jenis tanaman buah-buahan seperti, manggis, durian, kaliasem dan mangga.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menyampaikan bahwa gerakan penanaman pohon penting dilakukan untuk memperbaiki lingkungan serta mencegah bencana tanah longsor yang bisa muncul akibat musim hujan, apalagi hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Karangasem berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor di beberapa wilayah terindikasi rawan bencana longsor. 

Mas Sumatri berpesan agar warga meningkatkan kesadaran diri dalam menanam dan memelihara pohon secara berkesinambungan. Sehingga pada akhirnya hasilnya dimasa mendatang benar-benar memberikan manfaat yang besar dalam memperbaiki lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karangasem. Dan Bupati berharap agar warga turut menjaga pohon yang ditanam agar bisa hidup, “Mari kita tingkatkan kesadaran akan arti pentingnya melakukan penanaman pohon, untuk memperbaiki lingkungan dan mencegah longsor. Sekarang ini masih musim hujan jadi saya yakin pohonnya pasti tumbuh, namun saya berharap warga turut juga memperhatikan dan menjaga pohonnya agar tidak mati,” pintanya.