Diposting : 22 December 2019 22:22
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ PEMERIKSAAN - ketatnya pemeriksaan yang dilakukan petugas gabungan jelang Nataru di Pelabuhan Padang Bai.

balitribune.co.id | Amlapura - Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru), pengamanan di Pelabuhan Padang Bai Karangasem super ketat. Puluhan personel gabungan dari Polsek Kawasan Laut Padang Bai dibacakup BKO personil dari Polres Karangasem bersama satu ekor anjing pelacak dari K-9, TNI, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya. 
 
Dari pantauan koran ini di pelabuhan ujung timur Bali tersebut, Minggu (22/12), pengamanan dan pemeriksaan dilaksanakan petugas gabungan di tiga pos yang ada di areal pelabuhan, utamanya di pintu masuk dan pintu keluar pelabuhan. Begitu ada kapal ferry yang sandar, petugas langsung bersiaga di pintu keluar pelabuhan. Seluruh kendaraan dan penumpang yang baru turun dari kapal langsung dihentikan petugas untuk diperiksa identitas, KTP dan dilakukan penggeledahan tas dan barang bawaannya. Pun demikian terhadap kendaraan, tak terkecuali bus penumpang antar provinsi. Seluruh penumpang diminta turun untuk diperiksa identitasnya, sebelum kemudian polisi dengan bantuan satu ekor anjing pelacak melakukan penggeledahan bagasi dan barang yang ada dalam bagas bus, kendaraan pribadi maupun truk barang.
 
“Pengamanan kita laksanakan ekstra ketat, seluruh kendaraan, orang dan barang yang masuk ke Bali, kita periksa dan kita lakukan penggeledahan untuk mengantisipasi masuknya bahan peledan dan barang berbahaya lainnya termasuk Narkoba,” tegas Kapolsek Kawasan Laut Padang Bai, Kompol I Wayan Suberata. Saking ketatnya pemeriksaan, tidak ada satupun kendaraan ataupun penumpang yang tiba di Bali yang lolos dari pemeriksaan petugas gabungan.
 
Pengamanan ekstra ketat ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan mengantisipasi terjadinya aksi terorisme di Bali, mengingat Bali merupakan daerah tujuan utama wisatawan mancanegara maupun domestik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru serta menghabiskan libur di Pulau Dewata. “Namun sejauh ini kami belum menemukan adanya barang berbahaya dan terlarang. Namun demikian pemeriksaan ketat kita lakukan selama 24 jam penuh,” tuntasnya.
 
Untuk pengamanan Nataru dalam Operasi Lilin Agung 2019 ini, Polres Karangasem mengerahkan total 600 orang personil, dimana untuk pengamanan Nataru difokuskan di dua post masing-masing Pos Pengamanan Terpadu padang Bai dan Pos Pengamanan di jalan Jendral Sudirman, Amlapura. Operasi Lilin Agung ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan yakni mulai Senin (23/12) hari ini hingga Tanggal 1 Januari 2020 mendatang.
 
“Dari Personel, kita saat ini melibatkan sebanyak 600 orang personil dari seluruh komponen yang ada, baik dari Basarnas, BPBD, TNI dan semua unsur terkait lainnya yang terlibat dalam pengamanan ini,” ujar Kapolres Karangasem, AKBP Nyoman Suartini, saat apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung 2019 di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Kamis (19/12) lalu.