Diposting : 18 June 2016 11:56
I Made Darna - Bali Tribune
ringsek
Keterangan Gambar: 
Petugas dan warga, Jumat (17/6), membersihkan rumahnya yang ringsek akibat pohon pule tumbang.

Mangupura, Bali Tribune

Dua rumah di sebuah perumahan yang berlokasi di Banjar Aseman, Kecamatan Abiansemal ringsek akibat tertimpa pohon pule pada Kamis (16/6), sekitar pukul 19.25 Wita. Tumbangnya pule berdiamter 2 meter tersebut akibat dampak cuaca ekstrim berupa hujan lebat, angin kencang disertai petir yang terjadi di kawasan itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materiil diprediksi mencapai puluhan juta rupiah.

Adapun dua rumah yang menjadi tumbal pohon pule tumbang adalah rumah milik Ida Bagus Swastika (38) dan rumah Kadek Ana. Keduanya berada di Perumahan Pondok Intan Asri, Banjar. Aseman, Desa. Sedang. Abiansemal.

Rumah IB Swastika mengalami kerusakan parah pada kamar mandi, dapur, kamar tidur, tower air. Sementara Kadek Ana, pule membuat tembok penyengker rumah hancur. Akibat kejadian ini masing-masing mengalami kerugian Rp50 juta dan Rp5 juta. Selain merusak rumah, pohon pule juga menimpa saluran irigasi hingga jebol sepanjang 5 meter.

Peristiwa ini langsung mendapat atensi dari tim reaksi cepat (TRC) BPBD Badung. Berselang beberapa saat setelah kejadian petugas TRC langsung turun melakukan evakuasi dan pendataan. Kemudian batang dan dahan pohon baru bisa disingkirkan keesokan harinya, yakni Jumat (17/6) kemarin. Pemotongan batang dan dahan pohon melibatkan 5 armada rescue BPBD, petugas PLN, Satpol PP, pemilik rumah dan warga sekitar.

Kepala BPBD Badung, Nyoman Wijaya yang dikonfirmasi, kemarin, membenarkan peristiwa tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penanganan bersama aparat terkait dibantu masyarakat. “Yang jelas tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” kata Wijaya.