Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 10 July 2018 23:53
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
MASYARAKAT - Aktivitas yang dilakukan masyarakat di Lapangan
BALI TRIBUNE - Bagi sebagian orang, berwisata atau hanya sekadar menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari ini merupakan suatu kebutuhan. Masyarakat yang ingin bersantai menghabiskan hari libur, bisa melakukan aktivitas wisata alternatif di Lapangan Puputan Badung yang terletak di pusat Kota Denpasar.
 
Lapangan yang biasanya dijadikan sebagai tempat olahraga pagi dan sore tersebut kerap menjadi kawasan berkumpulnya para lansia dengan teman-temannya dan kalangan keluarga untuk bermain bersama anak-anaknya. Pada hari Sabtu dan Minggu Lapangan Puputan Badung diramaikan para orang tua yang mengajak anak-anaknya menikmati waktu liburan.
 
Lapangan Puputan ini menjadi tempat yang nyaman untuk aktivitas keluarga karena merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis. Sebab tempat rekreasi tersebut menyediakan aktivitas yang cukup beragam seperti permainan catur, sekadar nongkrong, olahraga juga mini zoo.
 
Salah seorang pengunjung, Mirah Adreni beberapa waktu lalu mengakui jika piknik sore hari di Lapangan Puputan Badung adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Bahkan komunitas catur kerap terlihat memanfaatkan tempat ini. "Menghabiskan waktu di sini tidak terasa panas karena tempatnya rindang," katanya.
 
Biasanya aktivitas bermain catur di lapangan ini dilakukan sejak pukul 10.00 pagi. Sejak pagi hari sudah terlihat aktivitas permainan catur dilakukan oleh masyarakat. Para penghobi permainan ini cukup nyaman bermain catur karena di area tersebut tersedia fasilitas untuk bermain catur.
 
Fasilitas penunjang kegiatan bermain catur diantaranya mulai dari kursi dan meja dibuat permanen disertai suasana lapangan yang sejuk karena dikelilingi pepohonan. Pengunjung pun tidak kesulitan untuk mendapatkan berbagai jajanan dan minuman. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan pedagang asongan di luar area lapangan.
 
Selain itu, Lapangan Puputan Badung ini juga ramah untuk anak-anak sebab memiliki fasilitas taman bermain yang letaknya di sisi barat lapangan. Terdapat beberapa unit wahana yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. Para orang tua pun biasanya datang ke lapangan untuk antar anak-anak mereka bermain. Maka tidak heran lapangan ini selalu ramai pada musim liburan karena menghadirkan kawasan wisata gratis.
 
Tidak hanya itu, para orang tua sembari mengantar anaknya bermain bisa langsung melakukan kegiatan olahraga. Pemerintah setempat menyediakan alat olahraga gratis di sisi barat lapangan. Terkait fasilitas permainan anak yang ada di Lapangan Puputan Badung mulai dari perosotan, ayunan hingga beberapa unit wahana yang bisa melatih ketangkasan anak-anak.