Diposting : 18 December 2018 15:21
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Perwakilan komponen masyarakat di Kabupaten Klungkung siapkan Pesta Rakyat bagi terpilihnya I Nyoman Suwirta sebagai Bupati Klungkung untuk kedua kalinya.tampak, Komang Widana bersama sejumlah pemuda-pemudi di Klungkung pose bareng usai menggelar jumpa pers, Senin (17/12) kemarin.
BALI TRIBUNE - Sebagai wujud rasa syukur atas terpilihnya I Nyoman Suwirta sebagai Bupati Klungkung yang untuk kedua kalinya.  Komponen masyarakat di Klungkung berencana menggelar Pesta Rakyat di Lapangan Puputan Klungkung. Sedikitnya 5 ribu porsi makanan dari berbagai jenis kuliner akan dibagikan ke warga secara gratis.
 
Menurut ketua panitia kegiatan, Komang Widana, Pesta Rakyat itu bakal digelar pada Kamis (20/12) nanti. Selain menyediakan berbagai kuliner secara gratis, kegiatan yang bertemakan ‘Bersatu Membangun Klungkung’ itu bakal dimeriahkan penampilan grupo band ternama tanah air,Sheila on Seven.
 
Menurut Widana, kegiatan itu adalah yang pertama kalinya dimana sumber dana kegiatan merupakan swadaya kelompok masyarakat dimaksud serta sumbangan sejumlah donator. 
 
“Yang jelas kegiatan ini dibiayai  non APBD hanya melalui sponsor  dan donasi yang tidak mengikat dengan kegiatan menghibur masyarakat yang bertajuk bersatu membangun Klungkung setelah pasca Pilkada yang lalu masyarakat sempat terbelah karena berbeda dukungan kini disatukan kembali dengan pergelaran rakyat kali ini,”ujar tokoh masyarakat Nusa Penida yang juga ajudan Bupati Suwirta ini.
 
Dia menambahkan, Pesta Rakyat itu akan dibagi menjadi dua kegiatan yakni, pembagian kuliner secara gratis serta memberikan hiburan berupa pementasan musik bagi masyarakat di Klungkung.
 
Sedikitnya 35 pedagang akan dilibatkan pada kegiatan ini. adapun 5 ribu porsi kuliner yang disajikan panitia terdiri dari, nasi jinggo sebanyak 1.000 bungkus, bakso 800 porsi dan, makanan khas Klungkung yakni serombotan sebanyak 2.000 porsi. 5 ribu porsi hidangan yang disiapkan berupa,  seribu bungkus nasi jingo, 800 porsi bakso serta 2 ribu porsi serombotan. Kesemua hidangan dimaksud disajikan lengkap dengan air dalam kemasan.
 
Terkait pembagian makanan secara gratis, pelayanan dimulai sejak pukul 17.00 Wita sementara penampilan band Sheila on Seven dijadwalkan manggung pada pukul 18.00 Wita.
 
Sebelum kegiatan, pada Jumat (20/12) nanti digelar pula lomba mewarnai untuk kategori siswa TK dan SD serta senam bersama oleh para ibu-ibu.  Guna kelancaran pelaksanaan kegiatan dimaksud, selain Karang Taruna, panitia juga melibatkan unsur kepolisian,Satpol PP, Damkar Klungkung, Tim Medis serta Pecalang setempat.
 
“ Nantinya  Jalan Untung Surapati dialihkan jadi tempat  parkir kendaraan roda dua maupun empat termasuk jalan Diponegoro maupun jalan di timur lapangan Puputan,”terangnya sembari menyebutkan selain Sheila on Seven tampil pula, lawak Denok Cs serta grup band lokal.
 
Widana berharap, kegiatan ini menjadi momen bersatunya kembali seluruh komponen masyarakat di Klungkung yang sempat renggang saat Pilkada lalu.