Diposting : 13 February 2020 18:18
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Safety Roadshow Bali pada mitra pengemudi di Kuta, Badung, Kamis (13/2).

balitribune.co.id | Denpasar - Sebagai destinasi wisata internasional, Bali dituntut untuk selalu menjaga keamanan bebas dari isu-isu penyakit dan bencana. Keamanan ini salah satunya dapat dilihat dari kondisi lalulintas di jalan. Demikian disampaikan Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Ditlantas Polda Bali Nyoman Sukasena saat Safety Roadshow Bali pada mitra pengemudi di Kuta, Badung, Kamis (13/2).

"Keamanan harus kita jaga. Bagaimana menjadikan Bali tertib lalulintas. Bagaimana Bali bisa menjadi ikon tertib lalulintas," ucapnya. Dalam hal ini pengendara/masyarakat diwajibkan untuk menjaga etika ketika berlalulintas. Sebab, tanpa peran serta pengendara/masyarakat dalam etika berlalulintas, maka kondisi tidak akan bisa kondusif. 

Menurut dia, untuk mewujudkan Bali menjadi ikon tertib lalu lintas, ada 4 hal yang harus dipatuhi oleh pengendara diantaranya kesadaran, kewaspadaan, sikap dan mental. "Mitra pengemudi adalah agen-agen saya di lapangan dan punya kewajiban memberikan informasi-informasi terkait keselamatan," ucap Sukasena. 

Sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, Grab memprioritaskan keamanan dan keselamatan mitra pengemudi dan pengguna layanannya. Realisasi terkini dari komitmen tersebut adalah Safety Roadshow Bali. Kampanye keselamatan mitra pengemudi di Bali dilakukan melalui pelatihan khusus mengenai pencegahan dan penanganan

kekerasan seksual dengan menghadirkan sejumlah inovasi fitur keamanan baru, yakni pusat keselamatan dan fitur pemantauan perjalanan bagi penumpang & mitra pengemudi.

Head of Grab Bali, Halim Wijaya menyampaikan, fitur-fitur yang ditampilkan dalam Safety Roadshow Bali adalah bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan yang sudah diluncurkan sejak akhir 2018 lalu dengan tujuan utama mencapai angka kecelakaan yaitu nol insiden. Layanan berbasis aplikasi ini memulai langkah pencegahan itu dengan menggandeng Forum Pengada Layanan (FPL) untuk mengadakan Safety Roadshow serta memberikan edukasi pada mitra pengemudi dan melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas kekerasan seksual. 

"Kami menetapkan standar tinggi dalam hal keamanan dan keselamatan mitra pengemudi dan pengguna di Indonesia. Fitur Safety Center bisa diakses dengan satu ketukan, serta Share My Ride yang berguna untuk memberikan akses pemantauan perjalanan pada orang terdekat," jelasnya.