Diposting : 16 May 2016 17:08
I Made Darna - Bali Tribune
pilkel
Keterangan Gambar: 
Drs Putu Gede Sridana MSi

Mangupura, Bali Tribune

Sembilan perbekel terpilih hasil pemilihan perbekel (pilkel) serentak 29 April 2016 akan dilantik pada 20 Mei mendatang. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta akan melantik langsung sembilan perbekel baru tersebut. Acara tersebut mengambil tempat Kantor Bupati Badung, komplek Mangupraja Mandala Puspem Badung.

Kepala Badan Pemberdayaan Manyarakat Desa dan Pemerintahan Desa (BPMD-PD) Kabupaten Badung, Drs Putu Gede Sridana MSi, Minggu (15/5), memastikan bahwa pelantikan perbekel terpilih akan dilaksanakan serentak pada 20 Mei 2016. Pihaknya bahkan mengaku sudah memanggil dan memberi arahan kepada para perbekel terpilih. “Pelantikan (sembilan perbekel terpilih,-red) sudah pasti tanggal 20 Mei ini,” tegas Sridana.

Untuk persiapan acara pelantikan, kata dia, sudah hampir seratus persen. “Semua sudah kita persiapkan. Untuk gladi (gladi pelantikan,-red) tanggal 18 Mei besok,” tegasnya.

Mengenai anggaran, pejabat asal Denpasar ini mengatakan semua biaya pelantikan akan ditanggung oleh pemerintah melalui APBD Badung Tahun 2016. Pemerintahan desa melalui APBDesnya hanya menganggarkan untuk keperluan sang perbekel seperti pakaian dan perlengkapan lain. “Untuk biaya pelantikan sepenuhnya ditanggung APBD. Yang dari APBDes paling untuk baju dan keperluan lain saja,” kata Sridana.

Seperti diketahui, ada 9 Desa di Badung melaksanakan pilkel secara serentak. Desa yang melaksanakan pilkel ada di 5 kecamatan yaitu,  Desa Petang, Desa Abiansemal, Desa Bongkasa, Desa Bongkasa Pertiwi, Desa Tumbak Bayuh, Desa Mengwitani, Desa Canggu, Desa Dalung dan Desa Ungasan.

Dari sembilan pilkel tersebut, mayoritas keluar sebagai pemenang adalah calon perbekel dari politisi atau kader partai. Dan disebut-sebut kader 'banteng' atau PDI Perjuangan mendominasi kemenangan perbekel di pilkel serentak lalu.

Adapun sembilan perbekel baru nanti adalah I Wayan Suryantara (Desa Petang), I Made Suarjana (Desa Bongkasa Pertiwi), I Nyoman Sarjana (Desa Tumbak Bayuh), Ketut Luki (Desa Bongkasa), I Nengah Lana (Desa Canggu), IB Bisma Wiratna (Desa Abiansemal), I Made Kari (Desa Ungaasan), I Gede Putu Arif Wiratya (Desa Dalung) dan Putu Sumardita (Desa Mengwitani).