Diposting : 17 June 2016 11:10
habit - Bali Tribune
bola
PENENTU - Selebrasi Daniel Sturridge setelah melesakkan gol kemenangan Inggris atas Wales di ajang Piala Eropa 2016, Kamis malam.

Lens,

Pemain pengganti Daniel Sturridge mencetak gol dramatis pada injury time untuk memberi kemenangan bagi Inggris 2-1 atas Wales di Piala Eropa 2016, Kamis (16/6) malam.

Pertandingan yang tampak bakal berakhir seri setelah Jamie Vardy mencetak gol pada menit ke-56 untuk menyamakan kedudukan setelah Wales unggul lebih dulu lewat Gareth Bale pada menit ke-42, Sturridge menerobos ke kotak penalti untuk mencetak gol kemenangan.

Kemenangan itu menempatkan Inggris di puncak klasemen Grup B dengan empat poin mengungguli Wales dan Slowakia yang mengemas tiga poin dan Rusia di juru kunci dengan satu poin. Selangkah lagi Inggris lolos ke babak 16 besar.

Sturridge dan Vardy, pesepakbola terbaik Inggris tahun ini di liga Inggris musim ini, keduanya turun ke lapangan sebagai pemain pengganti pada babak kedua, dan itu merupakan taktik dari pelatih Inggris Roy Hodgson.

Turun dengan formasi terbaiknya, Inggris menargetkan poin penuh di laga semalam. Sebab, jika sanggup meraih kemenangan, Inggris dan Wales dapat dipastikan melaju ke 16 besar Piala Eropa 2016.

Pada laga kali ini, Roy Hodgson menurunkan pola 4-3-3 dengan memainkan Harry Kane sebagai ujung tombak. Sementara Wales asuhan Chris Coleman memainkan strategi 5-3-2 dengan menjadikan Gareth Bale sebagai penyerang.

Pada menit keenam, The Three Lions–julukan Inggris hampir membuka keunggulan. Adam Lallana menyisir sisi kanan lapangan untuk melepas umpan silang. Bola berhasil diambil Raheem Sterling yang menunggu kotak penalti, namun sodoran yang dilakukan pemain Manchester City itu masih melambung di atas gawang kiper Wales, Wayne Hennessey.

Tak ingin kalah dari Inggris, Dragons--julukan Wales balik menyerang. Gareth Bale melakukan akselerasi sebelum akhirnya melepaskan sepakan keras, namun tembakan pemain Real Madrid itu masih dapat diblok bek Inggris yakni Gary Cahill.

Menit ke-42 Bale membuka keunggulan Wales. Pemain Real Madrid tersebut berhasil melepas tembakan bebas terukur dari jarak sekira 28 meter yang tak dapat ditahan kiper Inggris, Joe Hart. Wales unggul sementara 1-0 atas Inggris hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Hodgson mengganti dua pemainnya di lini serang yakni Sterling dan Harry Kane. Kedua pemain itu digantikan darah segar yakni Jamie Vardy dan Daniel Sturridge. Masuknya kedua pemain itu ternyata mengubah peruntungan Inggris.

Lewat kemelut di depan gawang Wales, Vardy berhasil menjebol gawang Hennesey pada menit ke-56 lewat tembakan dari jarak dekat. Vardy terlihat berada dalam posisi offside ketika menerima bola. Namun, gol dianggap sah karena bola yang mengarah ke Vardy merupakan salah umpan yang dilakukan kapten Wales, Ashley Williams. Inggris vs Wales sementara imbang 1-1.

Menit ke-72 Hodgson memasukkan Marcus Rashord menggantikan Lallana. Hal itu berarti, Inggris bermain dengan empat penyerang sekaligus yakni Rashford, Vardy, Sturiddge dan Rooney.

Masuknya Rashford membuat daya serang Inggris jauh lebih tajam. Terbukti di ujung laga, Sturridge berhasil mencetak gol kemenangan Inggris lewat sepakan kaki kanannya usai menerima umpan Delle Alli. Skor 2-1 untuk kemenangan Inggris berakhir hingga laga usai.