Diposting : 19 November 2018 19:47
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta saat membuka Porsenides Akah 2018, Sabtu lalu.
BALI TRIBUNE - Bupati Kungkung I Nyoman Suwirta membuka Porsenides Akah, Kecamatan Klungkung, Sabtu (17/11). Pembukaan ditandai pelepasan burung merpati didampingi Camat Klungkung, Komang Gde Wisnuadi, Perbekel Desa Akah, Nyoman Sujati dan tokoh masyarakat setempat. Acara pembukaan diawali pementasan Tari Puspanjali oleh PKK Banjar se-Desa Akah dan jalan santai berhadiah.
 
Perbekel Desa Akah, Nyoman Sujati menyampaikan tahun 2018 ada dua kegiatan yang dilaksanakan yakni Porsenides dan gebyar cek golongan darah menuju smart Desa Akah. Porsenides mengambil tema “Melalui Porsenides Akah Kita Kembangkan Bakat dan Prestasi Generasi Muda Menuju Klungkung Unggul Dalam Olahraga dan Seni”.
 
Kegiatan Porsenides melibatkan enam banjar di Desa Akah, diantaranya Banjar Sangging, Banjar Pekandelan, Banjar Tengah, Banjar Gingsir, Banjar Gede dan Banjar Bungaya. Dibidang olahraga dipertandingkan olahraga Bulutangkis, Tenis Meja dan lainnya. Sedangkan bidang seni ada lomba membuat penjor, lomba Baleganjur, lomba Tari Pendet, lomba mendaur ulang sampah nonorganik menjadi karya seni dan lomba lainnya. "Berbagai kegiatan yang kami laksanakan adalam. menyambung program pemerintah daerah, khususnya program aksi Kabupaten Klungkung Gema Santi," sebutnya.
 
Bupati I Nyoman Suwirta menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Desa Akah yang telah menyelenggarakan kegiatan Porsenides sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat. Karena dengan kegiatan seperti ini akan menggali semua potensi yang ada di Desa.
 
Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan juga sebagai upaya menyiapkan generasi muda agar menjadi generasi penerus yang baik. Selain itu, dengan berlangsungnya Porseni di desa akan mampu melahirkan atlet dan seniman berprestasi. "Yang terpenting adalah output dari kegiatan ini," sebutnya.
https://www.instagram.com/hondafansbali/