Diposting : 24 August 2019 15:52
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ NONTON - Wisatawan nampak asyik menonton film pendek yang diputarkan di teater mini obyek wisata Taman Ayun
balitribune.co.id | Mangupura - Objek wisata Taman Ayun kini dilengkapi dengan theater mini dan galeri foto. Wisatawan yang berkunjung ke objek yang telah dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco tersebut pun bisa mendapat informasi dan tontonan menarik terkait keberadaan Taman Ayun dan Puri Ageng Mengwi.
 
Panglingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gde Agung mengungkapkan, pembuatan theater dan galeri foto ini untuk menambah daya tarik bagi wisatawan. Kata dia, kunjungan wisatawan ke Pura Taman Ayun lumayan meningkat. Sebelumnya rata-rata perhari sekitar seribu wisatawan. Namun dengan adanya tambahan galeri foto, sketsa, hingga teater mini, terjadi peningkata. 
 
“Kini lumayan meningkat. Ya, sekitar 1.100 hingga 1.200 perhari,” ungkapnya, Jumat (23/8) di sela event Barong Festival Regeneration and Superstar 2019.
 
Di dalam galeri, pengunjung bisa melihat foto-foto bersejarah terkait keberadaan Pura Taman Ayun di masa silam. Bahkan ada foto yang menampilkan kedatangan Presiden Soekarno bersama tamu kenegaraan. Kedatangan sang proklamator disambut Tjokorda Mengwi dan ritual yang dipimpin sulinggih.
 
Di sisi lain, ditampilkan maket Pura Taman Ayun. Dari maket ini, wisatawan bisa melihat secara utuh denah pura yang dikelilingi kolam tersebut.
 
"Khusus untuk teater kami putar film pendek seputar keberadaan Pura Taman Ayun termasuk ritual yang sempat digelar di sini," kata Gde Agung.
 
Sementara berkaitan dengan festival barong yang digelar tiap tahun, Bupati Badung IX ini juga menyebut untuk memberikan suguhan tambahan bagi pengunjung yang datang ke Taman Ayun.
 
"Dengan digelarnya Barong Festival tiap tahunnya, jumlah pengunjung bisa menyentuh angka 2.000 orang.. Karena wisatawan selain bisa melihat warisan budaya berupa Pura Taman Ayun ini, juga menyaksikan tarian barong yang juga sama-sama masuk sebagai warisan budaya dunia," pungkasnya.  (u)