Diposting : 13 October 2018 19:53
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Melfin Platje (9) sangat diharapkan perannya membobol gawang lawan.
BALI TRIBUNE - Bali United bakal menjamu Mitra Kutai Kartanegara dalam lanjutan pekan ke-25 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin (15/10) malam. Di putaran pertama, Mei lalu Serdadu Tridatu dipaksa menyerah 1-3 oleh skuat Naga Mekes—julukan Mitra Kukar.
 
Tak mau tampil mengecewakan para Semeton Dewata, intensitas latihan Serdadu Tridatu di Lapangan Gelora Trisakti, Legian, cukup tinggi. Hampir 1,5 jam Pelatih Bali United memberikan porsi latihan kepada Melvin Platje dkk.
 
Evaluasi juga sudah dilakukan. Berbagai kesalahan coba diperbaiki demi membalas kekalahan putaran pertama musim ini atas Mitra Kukar tersebut. Sekarang yang perlu dibenahi adalah mental bertanding anak-anak Bali United.
 
Pelatih Kepala Bali United, Widodo Cahyono Putro mengatakan tidak ingin anak asuhnya terlalu percaya diri dalam setiap pertandingan. Termasuk tidak menganggap remeh lawan dan melihat klasemen sementara. Bagi Widodo, kunci untuk memenangkan pertandingan melawan Mitra Kukar adalah percaya diri yang tidak terlalu berlebihan.
 
Dia juga tahu sebelumnya Serdadu Tridatu berhasil mengalahkan Mitra Kukar dengan skor telak 6-1 saat pertemuan kedua musim lalu. Meskipun hasil tersebut bisa dijadikan modal yang berharga, tetapi dia mewanti-wanti skuadnya untuk tidak terlalu menggap enteng Naga Mekes – julukan Mitra Kukar.
 
“Tetapi jangan sampai berlebihan. Konsolidasi tim harus bagus. harus ada taktikal dan strategi yang tepat. Kapan saatnya defense dan kapan saatnya menyerang. Lihat bagaimana dua pertandingan terakhir kami selalu kebobolan di satu menit pertama. Ini sangat jelek menurut saya. Apalagi kami sudah mengingatkan masalah itu kepada pemain,” terangnya.
 
Lepas sejenak terkait mental dan kepercayaan diri I Gede Sukadana dkk, bagi mantan Pelatih Persela Lamongan ini, Mitra Kukar adalah tim yang berbahaya meskipun kalah di kandang dengan skor telak 1-4 menghadapi PSM Makassar. Bagi Widodo penyerang Mitra Kukar harus diwaspadai.
 
Penyerang yang dimaksud ayah dua anak ini adalah Fernando Rodrigues Ortega yang sudah mencetak 15 gol atau terpaut satu gol dari top skorer sementara asal Persebaya Sruabaya, David Da Silva. “Penyerang mereka bagus ya. Apalagi ditambah dengan Rahmad Darmawan sebegai pelatih Mitra Kukar yang sudah sarart pengalaman,” ucap pelatih berusia 48 tahun ini.
 
Yang terpenting adalah motivasi Naga Mekes  yang berlipat ganda setelah kalah menyakitkan pekan lalu. Mereka tentu tidak ingin kalah kembali. Jika kalah, tentu posisi mereka di klasemen akan semakin terjerembab. Saat ini, Mitra Kukar baru mengoleksi 29 poin dan berada di peringkat ke-14 klasemen sementara.
 
Raihan poin mereka hanya terpaut dua poin dari penghuni zona degredasi PSIS Semarang yang saat ini meraih 27 poin. “Pastinya mereka ingin bangkit karena posisi mereka sangat rawan kalau kalah lagi. Ini yang harus diantisipasi. Motivasi tinggi mereka untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen sementara,” tutupnya.