Diposting : 14 May 2019 14:28
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ AMANKAN - Polres Klungkung amankan konvoi pelajar lulusan
balitribune.co.id | Semarapura - Polres Klungkung sudah mengantisipasi semua bentuk pelanggaran yang bakal terjadi pasca pengumuman kelulusan  SMA/SMK di Kabupaten Klungkung. Hal itu dibuktikan dengan menindak tegas para siswa yang melakukan konvoi di tengah jalan umum dengan mengabaikan aturan berlalu lintas dan keselamatan pengguna jalan lain, Senin (13/5). 
 
Kasat Lantas Polres Klungkung AKP Taufan Rezaldi mengatakan pihaknya mengambil langkah antisipasi sejak pagi. Tim gabungan dari Sabhara Polres Klungkung, Satlantas, hingga Polsek, turun di sejumlah titik-titik yang diperkirakan menjadi lokasi kumpul para siswa merayakan kelulusan. Selain itu, polisi juga turun ke sekolah-sekolah, menghimbau agar tidak ada siswa yang konvoi dengan kebut-kebutan di jalan raya, tanpa mengindahkan aturan tertib berlalulintas. 
 
Sebelumnya Polantas Klungkung  sudah melakukan antisipasi dimana pihaknya menghubungi sejumlah sekolah yang merayakan kelulusan siswanya dengan mengenakan pakaian adat. Ini jauh mengurangi kekhawatiran polisi, terhadap aksi kebut-kebutan di jalan raya. Tetapi, keluar dari sekolah, tidak sedikit pula yang kembali ganti baju dan melakukan aksi corat coret baju seragamnya. 
 
Bagi siswa yang masih kedapatan membandel dan melanggar, terpaksa dilakukan tindakan tegas dengan tilang di tempat, lantaran tidak mengenakan helm dan knalpot motornya malah diganti dengan knalpot brong. Kondisi  suara knalpot brong ini banyak yang dikomplin  warga malah ada dilaporkan warga, sehingga dengan tegas dilakukan tindakan tilang ditempat. Dari laporan yang diterima banyak warga Klungkung yang  merasa terganggu, bahkan sering seenaknya ngebut di malam hari dan bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. 
 
Penertiban Polantas KLungkung ini dilakukan hingga sore hari. AKP Taufan Rezaldi menambahkan, sejumlah personel tetap disiagakan di sejumlah titik. Seperti di depan SMAN 1 Semarapura, di sekitar Pasar Galiran, Kota Semarapura hingga di sekitar Goa Lawah.