Diposting : 7 May 2016 10:30
Viktor Riwu - Bali Tribune
waisak
PINDAPATTA - Bhikkhu menerima dana makanan dari umat dalam tradisi Pindapatta yang digelar VBSM di sepanjang Jalan Gunung Agung, Denpasar, Jumat (6/5) pagi.

Denpasar, Bali Tribune

Umat Buddha di Denpasar dan sekitarnya antusias mengikuti Pindapatta (tradisi Bhikkhu menerima dana makanan dari umat), Jumat (7/5) pagi, sejak pukul 06.00 Wita. Ratusan umat menanti di 15 titik yang ditentukan panitia di sepanjang Jalan Gunung Agung – depan Bank Danamon sampai ke Vihara Buddha Sakyamuni (VBSM) di Lingkungan Padang Udayana, Padangsambian.

Ada tiga Bhikku yang menjalankan tradisi Pindapatta ini yakni Bhikkhu Cittagutto Thera, Bhikkhu Sucirano Thera, Bhikkhu Santacitto, serta Samanera Dhammasiri. Umat yang berjejer di tepi jalan dengan tertib memasukkan makanan yang dibawa ke dalam patta (mangkok makanan) yang dibawa para Bhikku tersebut.

Ketua Panitia, Andre Tanjaya, menjelaskan, Pindapatta digelar VBSM ini adalah rangkaian menyambut Waisak 2560 yang jatuh pada 22 Mei 2016 mendatang. “Pindapatta ini rutin digelar sejak tahun 2011 lalu oleh VBSM untuk menyambut datangnya Waisak untuk memberi kesempatan bagi umat berdana makanan bagi Bhikkhu,” ujarnya, didampingi Ketua Dayaka Sabha VBSM, Oscar NW.

Dijelaskannya, makanan dan minuman yang terkumpul ini nantinya selain digunakan untuk kebutuhan Bhikkhu juga akan disumbangkan kepada yang membutuhkan seperti warga kurang mampu dan panti asuhan. “Kesempatan untuk turut dalam Pindapatta ini menjadi berkah sebagai wujud bakti kepada para Bhikku sekaligus latihan berdana sesuai kemampuan,” jelas Andre.

Selain dalam rangka Waisak, Pindapatta ini juga rangkaian dari kegiatan Mahajata (perayaan hari jadi) ke-24 VBSM yang juga diisi dengan pendalaman Dhamma selama sebulan penuh sejak 21 April 2016 lalu. Puncak peringatan Hari Trisuci Waisak pada tahun ini akan berlangsung Minggu (22/5) pagi dengan tema “Cinta Kasih Penjaga Dunia”.