Diposting : 27 December 2017 18:29
Redaksi - Bali Tribune
pecaruan
PECARUAN - Upacara pecaruan yang dilaksanakan di Beji atau sumber mata air Toya Yeh Sah, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem.

BALI TRIBUNE - Bertepatan  pada Anggara Kliwon Tambir, Rahina Agara Kasih  sasih kapitu, Selasa (26/12), Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam hal ini Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa beserta Nyonya Sharini Artha Dipa didampingi Bendesa Adat Desa Muncan Jero Gede Suwena Putus Upadesa serta Kepala OPD ngaturang bakti ke Pura Pasucian Toya Sah, Desa Muncan Kecamatan Selat.

Upacara yang bertujuan untuk memohon keseimbangan alam semesta terkait bencana Erupsi Gunung Agung dipuput oleh Ida Pedanda Jelantik Duaja dari Gria Jelantik Banjar Triwangse Desa Budakeling. Wakil Bupati Artha Dipa, mengatakan bahwa Beji (tempat mandi yang disakralkan) Telage Sah ini sangat erat kaitannya dengan Gunung Agung, Pasar Agung, Pura Besakih bahkan berbagai pura yang ada di lingkungan Kabupaten Karangasem, karena sangat keterkaitannya tersebut maka di dinamakan dengan Toye Sah, “Dalam sastra disinilah sesungguhnya keputusan beliau yang terakhir,” ucapnya.

Lanjut Artha Dipa juga menyampaikan, dan oleh karena itu Beji tersebut harus di selamatkan dan salah satu cara umat Hindu untuk menyelamatkan segala sesuatunya, yakni dengan cara upacara, “Mudah-mudahan melalui upacara ini ida Bethara yang berstana di Gunung Agung kiranya akan memberikan atau menganugrahkan yang terbaik untuk kita, dan hal tersebut barangkali kaitannya dengan pelaksanaan upacara hari ini,” ungkap Artha Dipa.

Untuk itu pihaknya berharap seluruh masyarakat Bali khususnya umat Hindu untuk berdoa melalui kegiatan-kegiatan upacara seperti sekarang ini. “Dengan cara berdoa beliau pasti memperhatikan  para umatnya,  melalui doa ini kita memohon supaya apa yang menimpa pada saat ini kalau boleh secepatnya berhenti dan kemudian masyarakat Karangasem bisa tenang, berusah dan tidak terganggu oleh situasi yang selanjutnya mungkin terjadi,” pungkasnya.

Selesai acara, Wakil Bupati Artha Dipa menghaturkan Punia Kepada  para sulunggih se-Kabupaten Karangasem dan Bendesa Adat Desa  Jero Gede Suwena Putus Upadesa bertemoat di Wantilan Pura Toya Sah.