Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 14 November 2017 21:30
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
tirta Gangga
Keterangan Gambar: 
Obyek wisata Tirta Gangga

BALI TRIBUNE - Bagi wisatawan yang menyukai kehidupan zaman dahulu (masa raja-raja) saat berkunjung ke Bali akan dimanjakan dengan adanya destinasi wisata sejarah. Destinasi ini tidak sulit ditemui karena di Pulau Dewata sendiri begitu peduli terhadap warisan leluhur zaman kerajaan yang menjadi aset pariwisata. Salah satunya adalah obyek wisata Tirta Gangga yang berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.

Destinasi yang menonjolkan panorama taman air ini tidak hanya memikat masyarakat lokal untuk berkunjung juga wisatawan asing. Tirta Gangga ini merupakan areal kolam yang asri dan memiliki tiga kolam utama. Salah seorang pengelola akomodasi wisata di Tirta Gangga, Putri Girindra menjelaskan bahwa destinasi wisata ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem. "Hingga sekarang Tirta Gangga dibuka untuk umum dan wisatawan," kata Putri beberapa waktu lalu.

Tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan di masa lalu ini dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar. Suasana tenang dan sejuk di area tersebut membuat para pengunjung tertarik kembali lagi berwisata ke Tirta Gangga. Selain dimanjakan dengan arsitektur Bali kuno, pengunjung disuguhkan pemandangan berbagai jenis ikan yang hidup di hampir seluruh bagian kecuali kolam pemandian.

Keberadaan ikan di kolam-kolam itu dikatakan Putri diyakini oleh masyarakat setempat telah berumur puluhan tahun.  Bahkan ada beberapa ikan yang dipercaya sudah berusia ratusan tahun.

Tirta Gangga atau wisata taman air ini biasanya dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas berenang. "Di sisi utara kolam terdapat sebuah kolam pemandian yang bisa digunakan sebagai tempat berenang oleh wisatawan," jelas Putri.

Menurutnya, kualitas air di Tirta Gangga tidak perlu diragukan. Selain sangat jernih, air kolam-kolam tersebut juga bebas dari zat kimia sehingga aman untuk berenang. "Bahkan wisatawan bisa meminumnya langsung karena air datang dari sumber mata air yang kemudian terus mengalir," ujarnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung, Sudiarta mengatakan jika obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya pengunjung dewasa, balita pun senang berada di Tirta Gangga karena melihat sekelompok ikan yang hidup di kolam. Di area obyek wisata Tirta Gangga pengunjung tidak sulit menemukan pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman serta sovenir.