Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Tarif PDAM Melangit, Warga Ngadu ke Dewan

I Made Sudiangga
I Made Sudiangga

BALI TRIBUNE - Banyaknya keluhan masyarakat selaku konsumen PDAM Gianyar yang disampaikan ke gedung dewan, membuat kalangan wakil rakyat geram. Terlebih, keluhan warga sangat beragam dan diperparah dengan kenaikan tarif denda pembayaran rekening air mulai bulan Mei 2018 yang dinilai memberatkan.

Hal itu terungkap saat Forum Peduli Blahbatuh mengadu ke Komisi III DPRD Gianyar, Senin lalu. Kepada Bali Tribune, Selasa (1/5), Made Sudiangga membenarkan  telah menyampaikan keluhannya terhadap keberatan warga atas pemberlakuan kenaikan tarif denda pembayaran rekening air  mulai bulan Mei.  Di hadapan dewan, pihaknya menyampaikan beberapa hal. Pertama, masyarakat menolak keputusan PDAM terkait kenaikan tarif denda tersebut. Selanjutkan meminta DPRD untuk mempertanyakan kinerja PDAM yang  selalu menuai keluhan dalam melayani  kebutuhan air. “Bahkan kami meminta jangan konsumen dikorbankan atas ketidakmampuan PDAM. Kalau memang tidak bisa mengelola perusahaan daerah ini, sebaiknya direksi ini mundur,” terangnya lantang.

Lanjutnya, fakta-fakta PDAM yang merugikan masyarakat konsumen diatas mencerminkan lemahnya perlindungan terhadap hak-hak konsumen. Kurangnya tanggungjawab PDAM serta kurangnya pengawasan pemerintah terhadap kinerja perushan daerah ini. Karena,  fungsi dari PDAM salah satunya adalah memberikan pelayanan air bersih kepada konsumen. “Jika fungsi utamanya saja tidak bisa dipenuhi, kan jauh lebih baik Dirut PDAM mundur saja,” tegasnya lagi.

Terlebih, masyarakat selaku konsumen tak mengerti permasalahan teknis yang terjadi. Baginya, masyarakat selaku konsumen hanya berharap mendapatkan pelayanan air bersih. Terkait masalah teknis, merupakan tanggungjawab PDAM dan bukan jawaban yang diharapkan konsumen.

Secara terpisah, anggota Komisi III DPRD Gianyar, AA Wira Mantara, mengaku kesal dengan pelayanan PDAM yang sangat bobrok. Bahkan, pihaknya banyak menerima keluhan terhadap aliran PDAM, hampir di seluruh kecamatan. Keluhannya pun sama yakni aliran PDAM yang kerap macet. “Paling kami sayangkan, direksi PDAM tidak pernah berkoordinasi dengan, apalagi  meminta rekomendasi terkaiat kebijkan PDAM yang menyangkut konsumen,” terangnya.

Karena itu, pihaknya di Komisi III akan  memanggil Direksi PDAM terkait sejumlah hal yang dirasakan penting untuk dibahas. 
Pihaknya akan meminta penjelasan dari PDAM terkait kenaikan taruaf dendam hingga masalah macetnya aliran PDAM di sejumlah wilayah. Pun demikian terkait tanggungjawab manajemen PDAM atas kondisi tersebut. Dikatakan, fungsi dari PDAM salah satunya adalah memberikan pelayanan air bersih kepada konsumen. “Jika fungsi utamanya saja tidak bisa dipenuhi,  tuntutan teman-teman dari  Forum Peduli Blahbatuh sangat wajar, yakni jauh lebih baik Dirut PDAM mundur saja,” tegasnya.

Pihaknya akan meminta manajemen PDAM untuk fokus terhadap pelayanan, terutama penyediaan air bersih agar tetap lancar ke konsumen.  Sebagai perusahaan daerah yang juga berorientasi sosial dan tak hanya mengejar profit, PDAM Gianyar juga diharapkan berkoordinasi dulu  sebelum memberlakukan kebijakan yang memiliki nilai sensitif  bagi masyarakat selaku konsumen. 

wartawan
redaksi
Category

Pemkot Denpasar Komitmen Dukung Percepatan Pelaksanaan Kopdes/Kelurahan Merah Putih

balitribune.co.id | Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar menegaskan komitmennya dalam mendukung percepatan pelaksanaan Koperasi Desa/Kelurahan (Kopdes/Kel) Merah Putih yang menjadi program strategis pemerintah pusat. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui kehadiran Pj. Sekda Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya, pada kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yang diselenggarakan Kodam IX/Udayana, Kamis (11/12) di Aula Supardi Makodam IX/Udayana.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Ulat Bulu Kembali Serbu Pohon Kenanga dan Rumah Warga di Lingkungan Serongga

balitribune.co.id | Gianyar - Sempat mereda dalam dua tahun, ulat bulu yang mengerubuti pohon Kenanga hingga ke lingkungan rumah kembali resahkan warga Banjar Serongga Tengah, Desa Serongga, Gianyar. Perkembang biakan yang sangat pesat dirasakan warga dalam sepekan terakhir, dan  kini terus membiak.

Baca Selengkapnya icon click

Naru 2025/2026 Telkomsel Menghadirkan Jaringan Andal

balitribune.co.id | Gianyar - Menyambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Naru), Telkomsel menghadirkan jaringan yang andal, layanan pelanggan yang mudah dijangkau, serta ragam produk dan penawaran spesial untuk mendukung pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Indonesia. Telkomsel memprediksi lonjakan trafik data selama periode Naru 2025/2026, terutama untuk layanan video streaming, sosial media, dan online gaming.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Sambut Libur Nataru 2026 Danamon Tawarkan Promo Menarik

balitribune.co.id | Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”), sebagai bank yang memahami kebutuhan nasabahnya, hadir sebagai penyedia solusi finansial melalui beragam program dan promo menarik untuk mendukung kebutuhan finansial masyarakat selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2026) agar #LiburanLebihBerbeda.

Baca Selengkapnya icon click

Tol Gilimanuk-Mengwi Kian tak Jelas, Forum Perbekel Pertanyakan Kelanjutannya

balitribune.co.id | Tabanan - Pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi hingga kini masih belum jelas nasibnya, kendati sudah masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN). Padahal, proses penyiapan lahan untuk jalan bebas hambatan yang membentang di Kabupaten Jembrana, Tabanan, dan Badung itu sudah berlangsung sejak empat tahun lalu.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.