Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Launching MPP Karangasem, Menpan-RB Asman Abnur Usulkan Layanan Pengurusan Paspor

LAUNCHING - Menpan-RB Asman Abnur saat melaunching Mall Pelayanan Publik di bekas Gedung UKM Centre Amlapura, Jumat (22/6).

BALI TRIBUNE - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) DR Asman Abnur, didampingi oleh Bupati Karangasem IGA Mas  Sumatri, Forkopimda, Wabup Wayan Artha Dipa dan pejabat di lingkungan Pemkab Karangasem, Jumat (22/6), melaunching Mall Pelayanan Publik (MPP).  Peresmian MPP ini sekaligus memperkuat dukungan pemerintah pusat terhadap komitmen Pemkab Karangasem dalam upaya mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Peresmian MPP ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menpan RB yang dilanjutkan dengan peninjauan ke seluruh stand layanan masyarakat, mulai dari stand kesehatan, stand layanan kependudukan dan catatan sipil, perizinan dan layanan yang disediakan lainnya. Bahkan Menpan RB sempat berbincang dengan masyarakat pengguna layanan di MPP. Bupati Karangasem dalam sambutannya menyebutkan keberadaan MPP ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, dimana Pemkab Karangasem memiliki visi untuk mewujudkan Karangasem yang Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana. Dimana penjabarannya salah satunya adalah bagaimana mendekatkan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkarakter melayani. “Pemerintah Kabupaten Karangasem akan terus melakukan berbagai upaya dan inovasi guna meingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara terpadu dan terintegrasi terhadap seluruh jenis layanan pada satu tempat, salah  satunya dengan pembentukan MPP ini,” ujar Mas Sumatri. Terbentuknya MPP ini mengacu pada Permenpan RB nomor 23 Tahun 2017 tentang MPP serta Perbup nomor 17 Tahun 2018 tentang MPP. Terbentuknya MPP ini menempati lantau 1 Gedung Pusat Seni dan Kerajinan Tradisional Amlapura yang sebelumnya pemanfaatannya kurang optimal. “Uji coba layanan di MPP ini mulai dilaksanakan pada Tanggal 2 April 2018, dimana jumlah layanan yang tersedia sebanyak 160 jenis layanan dengan melibatkan 21 OPD, Kementrian dan Lembaga,” tandasnya, sembari menyebutkan rata-rata perhari kunjungan masyarakat yang datang ke MPP ini mencapai 700 orang perharinya. Menpan-RB Asman Abnur, mengaku pihaknya sanghat menyambut baik dengan dilannchingnya MPP ini. Ini merupakan salah satu upaya yang sangat bagus yang dilaksanakan Pemkab Karangasem dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih serta mengoptimalkan pelayanan kepada mmasyarakat. “Sangat bagus sekali, dan saya akan berbicara dengan Kemenkumham agar di MPP ini juga dibuka layanan untuk mengurus Paspor. Jadi masyarakat Karangasem yang akan mengurus Paspor tidak perlu jauh-jauh lagi sampai ke Singaraja,” ucapnya. Tidak hanya layanan pengurusan Paspor, Asman Abnur juga mengusulkan agar di MPP ini juga disediakan layanan pernikahan, jadi masyarakat juga bisa melangsungkan pernikahan di MPP.  

wartawan
redaksi
Category

Pelaku Pariwisata Bali Disarankan Tak Bergantung Pasar Wisatawan Eropa dan Timur Tengah

balitribune.co.id | Denpasar - Selain menghadapi tantangan permasalahan dari dalam seperti penumpukan sampah dan kemacetan lalu-lintas, pariwisata Bali dihadapkan pada permasalahan dari luar. Seperti halnya konflik yang terjadi di beberapa negara dapat mengakibatkan penurunan wisatawan mancanegara ke pulau ini.

Baca Selengkapnya icon click

Panorama Alam di Sekitar Pura Segara Jati Ulun Danu Batur Menarik Kunjungan Wisatawan Asing

balitribune.co.id | Kintamani - Keindahan alam di area Pura Segara Jati Ulun Danu Batur di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli menarik perhatian wisatawan asing. Pura Segara Jati Ulun Danu Batur berada di Danau Batur sehingga para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati panorama alam setempat. 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Pascatragedi KMP Tunu Pratama Jaya, Kapal Tak Layak Dilarang Beroperasi

balitribune.co.id | Negara - Pascamusibah tenggelamnya KMP Tunu Pratama Jaya di perairan Selat Bali, puluhan kapal yang beroprasi melayani penyeberangan di jalur perairan Selat Bali telah diperiksa. Tidak sedikit ditemukan kapal yang dinyatakan tidak layak dan kini tidak diperbolehkan berlayar.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Rapat Dengar Pendapat Dewan Atasi Sampah di Jalur Pura Dalem Tampuagan

balitribune.co.id | Bangli - Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika turun langsung ke masyarakat menyikapi adanya keluhan jalan alternatif menuju Pura Dalem Tampuagan, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli yang justru dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum masyarakat yang tak bertanggungjawab. Imbasnya, akses jalan menuju kawasan suci yang diempon oleh lima desa adat tersebut menjadi kumuh.

Baca Selengkapnya icon click

Sekolah Minim Siswa, Dewan Usulkan di Regrouping

balitribune.co.id | Bangli - Berkaca dari hasil Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) tahun ajaran 2025-2026 khususnya tingkat Sekolah Dasar di kabupaten Bangli ternyata ada beberapa sekolah minim siswa dan begitu juga sebaliknya ada sekolah kebanjiran siswa. Bagi sekolah yang minim siswa muncul usulan dari dewan agar sekolah tersebut diregrouping.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.