Diposting : 17 April 2019 13:03
habit - ant - Bali Tribune
Bali Tribune/ant. Vanessa Angel menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019), di Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur.

Balitribune.co.id | Sidoarjo - Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani Prasetyo, dan artis Vanessa Angel menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada Rabu (17/04/2019) di Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Kantor Wilayah Kanwilkumham Jatim, Susy Susilawati, mengatakan, ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Rutan Medaeng ini. “Di dalam Rutan ini ada sekitar 2.900 warga binaan, 504 orang dan yang memiliki hak pilih,” katanya.

Ia mengatakan, di TPS itu warga binaan ada yang mencoblos tiga surat suara masing-masing Presiden, DPR RI, dan juga DPD. “Awalnya kami mengajukan semua warga binaan untuk diratifikasi, tetapi oleh KPU hanya 504 itu saja yang diloloskan,” jelasnya.

Ia mengatakan, ada pemandangan berbeda dalam TPS ini, salah satunya penggunaan seragam tahanan kepada petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara kali ini. “Hal itu supaya mereka tidak kembali lagi ke tempat ini (Rutan Medaeng),” katanya.

Ia menjelaskan, ada empat TPS yang dibangun di tempat ini. “Ada empat TPS dengan harapan dulu masing-masing TPS ada sekitar 500 orang pemilih jadi total ada dua ribu orang. Tetapi akhirnya hanya 504 saja yang lolos verifikasi KPU,” katanya.

Untuk diketahui, pada pemilihan presiden ini terdapat dua pasangan yang akan dipilih yakni pasangan calon presiden Joko Widodo berpasangan dengan Maruf Amin dan juga pasangan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. (*)