Diposting : 5 February 2020 07:18
Husaen - Bali Tribune
Bali TribuneSIDAK - Disperindag Karangasem sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Amlapura Timur, Karangasem.
balitribune.co.id | Amlapura - Guna mengecek laju inflasi sejumlah barang kebutuhan di Pasar Amlapura Timur dan Amlapura Barat menjelang perayaan Galungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karangasem melaksanakan Sidak, Selasa (4/2).
 
Sidak yang dipimpin oleh Kadis Perindag Karangasem I Wayan Sutrisna bersama sejumlah kabid dan staf yang membidangi, mendatangi satu-persatu lapak pedagang bumbu yang ada di Pasar Amlapura Timur, kemudian berdialog sekaligus mendata harga-harga kebutuhan pokok utamanya bumbu yang memicu inflasi, seperti cabai, bawang merah dan bawah putih. “Kami sudah melakukan pengecekan harga sejumlah barang kebutuhan pokok saat ini memang masih stabil kendati ada beberapa yang memgalami kenaikan seperti cabe, bawang merah dan bawang putih,” ucap Wayan Sutrisna. 
 
Menurutnya, jumlah kenaikan harga tersebut masih dalam ambang batas wajar dalam moment menjelang perayaan Galungan dan Kuningan. Dari hasil pendataan harga yang dilakukan pihaknya, harga cabai rawit mmerah untuk kwalitas super saat ini mencapai Rp 75.000-80.000 perkilogram, untuk bawang putih saat ini harga perkilogramnya sebesar Rp 50.000, sedangkan harga bawang merah perkilonya sebesar Rp 35.000. Untuk cabai besar merah juga mengalami kenaikan sebesar Rp 30.000 dimana harganya saat ini sebesar Rp 65.000 perkilogramnya.
 
Terkait kenaikan harga sembako dan bumbu di Pasar Amlapura Timur, pihaknya masih akan terus melakukan pemantauan dengan menurunkan tim ke dalam pasar setiap harinya, selama menjelang perayaan galungan. “Namun secara keseluruhan peningkatan harga belum terjadi, hanya pada tiga komoditas di atas. Penyebabnya karena memang pedagang kesulitan mendapatkan pasokan dan harganya juga memang sudah naik dari tingkat distributor,” lugasnya.