Diposting : 12 January 2019 22:43
- Bali Tribune
 
BALI TRIBUNE - Erupsi  Gunung Agung, Kamis (10/1), mengakibatkan beberapa wilayah di kecamatan Kintamani, Bangli terpapar abu vulkanik paparan abu vulkanik Paparan abu disertai pasir dirasakan oleh warga setempat pada Kamis malam. Fenomena  tersebut langsung dilaporkan pada aparat desa hingga pemerintah kecamatan.
 
Camat Kintamani I Wayan Dirgayusa mengatakan sekitar pukul 20.00 Wita pihak menerima laporan dari beberapa perbekel. Para tokoh masyarakat melaporkan bahwa wilayahnya terpapar abu vulkanik Gunung Agung. Beber Diragayusa, adapun wilayah yang terdampak abu vulkanik yakni Desa  Batur, Kintamani, Abang Batudingding, Satra, Dausa, Sukawasa, Bantas, Selulung. “Selain desa itu, masih ada juga yang terdampak hanya saja paparan abu tidak terlalu keras. Untuk wilayah Batur dan Abang Batudingding  memang paling keras, pepohonan tertutup abu,” jelasnya, Jumat (11/1).
 
Lanjutnya, pihaknya juga menerima laporan Desa Belandingan, dan Desa Siakin, juga terdaampak abu. “Desa Belandingan dan Siakin terdampak, perkiraan kami Desa Pinggan juga kena, hanya saja memeng belum ada laporan. Kemudian desa dibalik bukit tidak terdampak, karena arah angin,” ujarnya.
 
Menyikapi fenomena tersebut, piahknya mengajak masyarakat untuk tetap tenang atau tidak panik dan jangan terpancing berita- berita yang tidak jelas sumbernya “Kami sudah sampaikan imbauan kepada masyarakat melalui kepala dusun masing-masing. Sejauh ini kondisi aman,” sebutnya.
 
Dikatakan pula, sebelumnya masyarakat sudah mendapatkan informasi terkait kesiapsigaan menghadapi situasi seperti ini. “Sebelumnya masyarakat sudah mendapat informasi, apa saja yang harus dilakukan jika terpapar abu, seperti memakai masker saat beraktivitas,” ujar Wayan Dirgayusa.
 
Di sisi lain, jajaran Sat Lantas Polres Bangli bagi-bagi masker diseputaran obyek wisata Penelokan, Kintamani. Sebanyak 200 buah masker dibagikan kepada warga sekitar serta wisatawan yang ada diobyek tersebut. “Bagi-bagi masker diikuti 20 personel Sat Lantas dibawah pimpinan Kasat Lantas Polres Bangli AKP I Nengah Sona,” ungkap Kasubbag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi. 
 
AKP Sulhadi mengatakan bagi-bagi masker dilakukan untuk memberikan rasa nyaman bagi warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Kintamani.