Diposting : 29 October 2018 22:39
Redaksi - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
KANTONG - Pembagian kantong ramah lingkungan saat pelaksanaan Gerakan Indonesia Bersih di Pantai Masceti, Minggu (2810).
BALI TRIBUNE - Pemkab Gianyar bagikan ribuan kantong ramah lingkungan kepada peserta gerakan Indonesia Bersih 2018  yang dipusatkan di Pantai Masceti, Blahbatuh, Gianyar, Minggu (28/10) pagi. Melalui kegiatan serangkaian hari habitat dunia ini  diharapkan kesadaran menjaga kebersihan tetap dipertahankan mulai dari lingkungan keluarga hingga ke lingkungan yang lebih luas.
 
Mulai pukul 08.30 Wita, ribuan orang sudah memadati areak Pantai Masceti, untuk ambil bagian dalam aksi bersih pantai serangkaian Gerakan Indonesia Bersih 2018.  Di Kabupaten Gianyar, kegiatan ini dipusatkan di Pantai Masceti.Dalam aksi ini, pemerintah  daerah bersinergi dengan berbagai instansi sepertii tni, polri, siswa , lembaga adat  hingga komunitas relawan. "Selain rutinitas,  Kami juga menindaklanjuti program dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, yang diteruskan oleh kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Harapan besarnya masyarakat Gianyar terlibat, karena bagaimanapun kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sangat penting" terang Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya.
 
Aksi ini juga harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Gianyar. Bahkan surat dari kementarian sudah disebarluaskan keseluruh pemangku kepentingan, agara pelaksanaannya melibatkan  masyarakat ataupun kelompok masyarakat selanjutnya dapat mendokumentasikannya. Selanjutnya  dikirim ke pusat sebagai bagian dari keterlibatan warga Gianyar untuk Indonesia yang lebih bersih. Disebutkan pula jika tema dari Hari Habitat Dunia 2018 yakni, Municipal Solid Waste Managemant. "Partisipasi masyarakat dapat didokumentasikan dan kemudian dikirim ke Pace lingkungan agar diteruskan kepusat, dan kita tunjukkan bahwa warga Gianyar merasa memiliki Indonesia, dan ambil bagian  dalam membersihkan wilayahnya, " tambah Wisnu Wijaya.
 
Kepala Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Gianyar I Wayan Kujus Pawitra, menekankan pada pengurangan pemanfaatan kantong plastik, yang dimulai dari lingkungan keluarga. Sebab dalam setiap harinya, pihaknya memperkirakan lima ratus ribu kantong plastik masih dimanfaatkan warga Gianyar. Mulai dari aktivitas ke pasar hingga aktivitas laiannya.  Karena itu, warga didorong untuk membudayakan pemanfaatan kantong ramah lingkungan.
 
Usai senam peregangan, aksi bersih dan sterilasi plastik  dilakukan di seluruh kawasan pantai. Pada kesempatan itu, seluruh peserta diberikan kantong ramah lingkungan untuk dimanfaatkan  dalam kegiatan sehari-hari.   Dengan harapan masyarakat gianyar  memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan serta kelestariannya dengan memerangi sampah plastik secara masif.  
 
“Tanpa menunggu momentum, kebersihan lingkungan kami harapkan selalu  terjaga. Sekaligus membangkitkan kesadaran, bahwa permasalahan sampah wajib diantisipasi sejak dini.  Mulai dari rumah tangga dengan  tidak membuang sampah di sungai,  yang ujung-ujungnya akan mengotori pantai di bagian hilir sungai,” tandas Kujus Pawitra.