Diposting : 29 July 2016 12:39
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
pemkab
Keterangan Gambar: 
TINJAU - Wabung Kembang saat meninjau stand Job Fair 2016.

Negara, Bali Tribune

Pemkab Jembramna, melalui Dinas Kesejahteraan Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kesosnakertrans) Kabupaten Jembrana, kembali menggelar Bursa Kesempatan Kerja atau Job Fair Kabupaten Jembrana. Job Fair yang dibuka oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Rabu (27/9), di Gedung Kesenian Bung Karno, akan berlangsung selama dua hari, akan berakhir Jumat (29/7). Bursa kerja tahun ini diikuti 31 perusahaan lokal maupun nasional dengan ratusan lowongan kerja yang telah disiapkan.

Wabup Kembang Hartawan menyambut baik penyelenggaraan job fair ini sebagai salah satu implementasi komitmen Pemerintah Daerah bersama-sama pihak swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka  pengangguran dan penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara terbuka dan kompetitif. Wabup Kembang menilai Jon Fair ini cukup strategis karena dapat memberi ruang komunikasi dua arah secara langsung, antara pengguna dan pencari kerja.

Kembang juga berharap warga Jembrana pencari kerja bisa memanfaatkan job fair ini untuk mencari kerja sesuai bidang dan bakat yang dimiliki. Ia mengingatkan agar pencari kerja bisa bekerja dengan tekun, disiplin dan curi ilmu sebanyak-banyaknya sehingga tidak terus-terusan menjadi pekerja, tetapi mesti dipikirkan agar segera beralih menjadi enterpreneur dengan membuka usaha sendiri sehingga lebih banyak orang bisa disejahterakan.

Wabup Kembang menyebutkan data survei Angkatan Kerja Nasional tahun 2015 oleh BPS, angka pengangguran Jembrana yang mencapai 2.299 orang. Angka 1,59 persen itu disebutnya turun signifikan dibanding tahun sebelumnya yang mencapi 4.314 orang pengangguran, sekaligus menempatkan Kabupaten Jembrana peringkat tiga terbaik dengan tingkat pengangguran yang rendah. Menurutnya capaian itu harus  dimanfaatkan agar tingkat pengangguran secara bertahap dapat diminimalisir.

Kepala Dinas Kesosnakertrans Kabupaten Jembrana I Wayan Gorim, Kamis (28/8), mengatakan kegiatan job fair ini dimaksudkan untuk mempertemukan pencari kerja maupun penyedia kerja (perusahaan) secara langsung sehingga mempermudah rekruitmen, penempatan di dalam negeri maupun diluar negeri. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menimalisir angka pengangguran di Jembrana.

Job Fair Jembrana tahun 2016 ini diikuti 31 perusahaan berbagai bidang usaha seperti perhotelan, retail, otomotif, perdagangan, asuransi maupun lembaga pelatihan kerja yang berorientasi pada penempatan. Job fair yang berlangsung selama dua hari ini juga akan diisi dengan kegiatan seminar dengan judul “Pengembangan Karier dan Trik Mendapatkan Pekerjaan”, dengan narasumber dari jobstreet yang merupakan penyedia lowongan kerja online terbesar di Indonesia.