Diposting : 20 June 2017 21:02
redaksi - Bali Tribune
IDUL FITRI
Keterangan Gambar: 
Pemudik saat menyeberang di Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

BALI TRIBUNE - H-6 Lebaran, arus penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, sudah mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Dari pantauan koran ini, Senin (19/6), peningkatan arus kendaraan yang akan menyeberang ke Lembar, Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat memang baru sekitar lima persen dari biasanya, sementara hingga kemarin belum terlihat ada antrean panjang kendaraan pemudik. Pun demikian dengan truk pengangkut barang, sampai kemarin masih diperbolehkan menyeberang.

 Supervisi ASDP Padangbai, Rudi Susanto kepada koran ini kemarin, juga membenarkan adanya peningkatan arus penyeberangan di Pelabuhan Padangbai. Peningkatan itu terjadi sejak dua hari terakhir atau H-8 lalu. “Sudah ada tanda-tanda peningkatan arus penyeberangan. Tapi sementara ini masih didominasi kendaraan roda dua, sementara kendaraan roda empat seperti mobil pribadi masih landai,” sebutnya.

Melihat arus mudik tahun lalu, pihaknya memperkirakan lonjakan baru akan terjadi pada H-5 hingga mencapai puncaknya pada H-3 Lebaran. Artinya, lonjakan arus mudik akan terjadi mulai Selasa (20/6) hari ini. Rudi Susanto menyebutkan antrean terpadat pemudik bermotor biasanya terjadi pada jam-jam tertentu seperti sore, malam sampai dini hari.

 Jam-jam tersebut dipilih para pemudik untuk menghindari cuaca panas termasuk kondisi mereka sudah fit karena sudah selesai berbuka puasa. “Terpadat itu biasanya nanti akan terjadi pada malam hari, dan didominasi kendaraan roda dua,” ucapnya. Namun demikian pihaknya juga telah mendirikan tenda di sepanjang jalur antrean sepeda motor, ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman bagi para pemudik bermotor yang antre menyeberang pada siang hari.

 “Tenda sudah kita dirikan di jalur antrean sepeda motor. Nah untuk aktivitas penyeberangan masih normal dengan 24 trip. Nanti kalau terjadi stagnan akibat panjangnya antrean, baru kita akan tambah jumlah tripnya,” ujarnya sembari menambahkan untuk melayani mudik kali ini pihaknya sudah menyiagakan sebanyak 33 kapal ferry.