Diposting : 28 March 2016 14:31
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
WORKSHOP – Suasana workshop Peningkatan Kapasitas Sekolah dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan

Gianyar, Bali Tribune

Dalam upaya meningkatkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, Pemkab Gianyar melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) mendorong sekolah untuk ikut program Adiwiyata, sebuah program  pemerintah pusat tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).

Hal ini terungkap dalam workshop bertajuk Peningkatan Kapasitas  Sekolah dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2016 di Balai Budaya, Gianyar. “Melalui program Adiwiyata ini diharapkan sekolah-sekolah berpartisipasi dan melaksankan pelestarian ligkungan khususnya dilingkungan sekolah,” jelas Kepala BLH  Kabupaten Gianyar, A.A. Ari Brahmanta, usai workshop.

Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata , ada empat komponen yang harus diterapkan sekolah yakni, kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. “Program ini diharapkan  dapat menjadi bagian dari kurikulum yang penting diterapkan sebagai bagian dari pengembangan pendidikan karakter siswa. Kepedulian lingkungan harus ditanamkan sejak dini sehingga menjadi budaya yang melekat dlam diri anak didik,” imbuh Ari Brahmanta.

Di Kabupaten Gianyar sendiri ada 4 sekolah peraih Adiwiyata Mandiri sebagai penghargaan tertinggi pemerintah pusat yakni SD Negeri 5 Singakerta, SMP Negeri 2 Ubud, SMA Negeri 1 Sukawati  dan SMA Negeri 1 Tampaksiring. Sementara untuk katagori Adiwiyata ada enam sekolah dan 79 sekolah kini berstatus Adiwiyata kabupaten yang dipersiapkan maju ketingkat propinsi dan nasional sehingga bisa meraih penghargaan tertinggi berupa Adiwiyata Mandiri.

Sementara beberapa point penting dalam work shop dengan menghadirkan lima narasumber I Nym. Sumantra, Ni Made Suhartini, A.A. Ngr Bagus Suwastika, I Wayan Ardana dan Catur Yudha Hariani, yakni,  sekolah yang telah memperoleh penghargaan Adiwiyata harapkan dapat mengembangkan secara terus menerus dan menjadi model  bagi sekolah lainnya dalam pengembangan sekolah Adiwiyata. Pihak pemeritah sendiri terus mendorong sekolah yang sudah memperoleh peghargaan Adiwiyata untuk melakukan pendampingan terhadap sekolah lainnya untuk mengembangkan program Adiwiyata sehingga diharapkan keikutsertaan sekolah dalam program Adiwiyata semakin meningkat.